Wednesday, August 8, 2018

Otak Pencurian Beras 8 Ton Digebuk Tim Subdit 3 Jatanras Direskrimum Polda Sumsel

MITRAPOL.com – Satu orang pelaku pencuri mobil truck berisi beras sebanyak 8 ton, dan Dua orang penadah berhasil dibekuk Tim Subdit 3 Jatanras Direskrimum Polda Sumsel.



Hal itu bermula saat Rafia Marlinton (34) adik dari tersangka Indra Sugiarto (35), menerima uang sebesar Rp 5 juta dari kakaknya untuk kebutuhan lebaran. Rafia yang tak mengetahui sumber uang itupun, menerima pemberian kakaknya tersebut yang merupakan otak pelaku pencurian mobil truck berisi beras tersebut.

“Saya tidak tahu kalau uang itu hasil dari mencuri, dan uangnya itu untuk kebutuhan lebaran saya,” ujar Rafia.

Indra bersama rekannya Suntani (DPO), diketahui mencuri satu unit mobil truck jenis Mitsubishi dengan plat nomor BG 8641 milik PT. Belitang Panen Raya yang sedang terparkir di gudang Jalan Srijaya KM 13, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Rabu (5/6/2018) lalu.

Indra yang pernah bekerja disanapun mengetahui seluk-beluk lokasi gudang, hingga pada malam hari pelaku ini langsung menjebol kunci kontak mobil dan membawa kabur truck bersama 8 ton beras yang akan dikirim. Suntani yang mengenal pelaku Ardani (38) sebagai calo beras, langsung membawa 8 ton beras tersebut ke kawasan Kecamatan Belitang, Kabupten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur untuk dijual.

Uang hasil penjualan beras sebesar Rp 64 juta langsung dibagi rata oleh Indra dan Suntani. Sementara, Ardani sebagai calo diupah sebesar Rp 8,8 juta dari penjualan.

“Truck dibawa Suntani untuk dijual ke Lampung, tapi sampai sekarang tidak pulang-pulang,” kata Indra saat di Polda Sumsel, Rabu (8/8/2018).

Indra mengaku sebelumnya sempat bekerja di PT. Belitang Jaya selama kurun waktu empat tahun. Setelah itu ia memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain.

“Malam itu saya terdesak, karena mau lebaran. Jadi muncul niat mencuri mobil yang terparkir didepan berisi 8 ton beras. Mobil itu dijebol memakai kunci T,” ungkap Indra.

Sementara Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara menerangkan, setelah mendapatkan laporan dari korban mereka langsung melakukan pengejaran hingga akhirnya pelaku ditangkap.

“Satu tersangka atas nama Suntani masih dalam pengejaran kami, karena membawa mobil truck ke Lampung untuk dijual. Saat ini ada tiga tersangka yang kita amankan, satu pelaku otak pencurian dan dua penadah. Total ada empat pelaku,” ujar Yoga.



Atas perbuatannya, Indra dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang diancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

Reporter : adri

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: