Wednesday, August 8, 2018

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Datangkan Tim Pemateri Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

MITRAPOL.com - Beberapa hari yang lalu sebanyak 40 orang pemandu wisata Buton Utara (Butur) mengikuti pelatihan terpadu di aula Bappeda Butur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara dengan menghadirkan tim pemateri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.



Para pemandu wisata itu terdiri dari gabungan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) Kabupaten Butur dan Dinas Pariwisata Butur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Buton Utara Harlin Hari mengungkapkan, pelatihan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan kepada para pemandu wisata dalam memperkenalkan dan mempromosikan obyek wisata Buton Utara.

"Kami datangkan tim dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali untuk mentransfer pengalaman dari Bali, muda-mudahan bisa dimanfaatkan karena akan diperaktekan saat kegiatan wonderful sail pada bulan Agustus nanti," ungkap Harlin diselah kegiatannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali Dr. Ni Made Eka Mahadewi dalam materinya menjelaskan, Buton Utara adalah salah satu kabupaten yang mempunyai potensi wisata yang sangat menarik.

Oleh itu, Ia berharap kepada 40 pemandu wisata membuat produk cerita sejarah wisata untuk di promosikan kepada wisatawan.

"Sekarang ini zaman now, para pemandu jangan membohongi para wisatawan, karena wisatawan tau dari online dan lokasi di Butur yang menarik. Jangan sampai pemandu memberikan informasi yang salah," jelasnya.

Ia menambahkan, yang paling terpenting bagi pemandu memperhatikan keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan keragaman.

"Kenapa posisi Bali dari tahun 2017 pindah menjadi posisi ke 4 di tahun 2018, karena faktor keamanan, kenyamanan, keindahan. Jadi jangan dianggap enteng sapta pesona ini terutama bagi pemandu wisata untuk kenyamanan wisatawan," terangnya.

Reporter : david waridin

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: