Monday, July 9, 2018

Warga Nanggela Lebak Banten Belum Miliki Akses Jembatan Layak

MITRAPOL.com - Beginilah kondisi jembatan di Kamoung Nanggela Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak Banten dengan kondisi yang sangat memperihatinkan dan sudah tidak layak untuk digunakan.

Jembatan yang tidak layak digunakan

Menurut info dari seorang warga setempat menerangkan bahwa jembatan tersebut telah digunakan dari tahun 2016 sejak dibangun secara swadaya oleh warga sekitar dengan dibantu oleh para santri sebuah pondok pesantren yang berada di Kampung Nanggela.

Namu manfaat yang dirasakan tidak cukup lama lantaran jembatan yang pada saat itu terbuat dari bahan material bambu turut terbawa luapan arus sungai cimaur pada saat musim hujan tiba.

Sempat terbengkalai namun atas kesadaran jembatan yang panjangnya sekitar 30 meter tersebut kembali dibangun seperti sediakala guna memenuhi hajat warga dan hingga kini masih menjadi satu-satunya akses penghubung antara kampung nanggela dengan kampung Babakan Condong Desa Sukasari Kecamatan Cipanas.

Herly selaku Ketua LMPI Kabupaten Lebak yang juga putra daerah Kecamatan Cipanas meminta agar pemerintah segera turun tangan untuk membangun jembatan yang kindisinya terbilang menantang maut.

"Lihat saja kondisinya cuma memakai tihang telepon bekas dan cuma diikat pakai kawat besi,bambu sasaknya juga sudah rapuh sehingga saat dilintasi terasa seperti gelombang ombak saja"tuturnya Senin (9 /7/2018).

Semestinya jembatan yang sedemikian parah dan cukup membahayakan sudah tidak ada lagi, pemerintah juga harus belajar dari insiden yang pernah terjadi di Kampung Cikadu Kecamatan Muncang, akibat kerusakan jembatan yang tidak tersentuh anggaran pemerinta hingga harus memakan korban pada beberapa waktu lalu.



"Saya berharap agar pemerintah segera memenuhi kebutuhan masyarakat dan segera mengakhiri rasa ketakutan dengan kondisi jembatan yang sangat membahayakan tersebut,"pungkas Herly.

Reporter : aan/cecep sobari
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

1 comment: