Monday, July 9, 2018

Sosialisasi Kampung KB Desa Cirinten

MITRAPOL.com – Sosialisasi Kampung KB di Desa Cirinten, Senin (9/7/2018) disambut dengan baik oleh warga dan Pemerintah Desa setempat.


Kampung KB salah satu inovasi strategis dalam upaya pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembagunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi, baik intern BKKBN maupun lintas sektor di tingkat lini lapangan.

Pembentukan kampung KB ini merupakan tindak lanjut intruksi Presiden agar manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah di seluruh tanah air.

Sosialisasi Program Kampung KB dihadiri oleh Camat, Sekmat, Kades, Kepala Puskesmas, Kordintaor PLKB dan Para Kader Posyandu.


“Keluarga, diharapkan juga dapat melakukan delapan fungsi keluarga. Keluarga tidak hanya merupakan tanggung jawab BKKBN semata, namun juga perlu dukungan lintas sektor yang lain,” ujar M Ukar Sujana selaku kordinator PL KB, Kecamatan Cirinten.

Keluarga merupakan wadah terkecil di dalam masyarakat yang terdiri dari orangtua dan anak. Di dalam wadah itulah anak-anak diharapkan mendapatkan arahan dan bimbingan.

Masih dikatan M Ukar Sujana kampung KB ini dipadukan dengan program-program dari lintas sektor seperti dinas kesehatan, dinas pendidikan, perikanan dan kelautan, sosial, pekerjaan umum, pertanian dan dinas terkait lainnya.

“Dengan adanya kampung KB ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi angka kemiskinan masyarakat setempat,” ujarnya.

Secara umum, sambungnya, pencanangan kampung KB ini sebagai saran dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Tujuan khususnya, untuk meningkatkan serta mendekatkan akses masyarakat yang sulit terjangkau pada program KKBPK. Kemudian, memperkuat sinergitas lintas sektor di Kecamaran Cirinten dalam usaha mewujudkan masyarakat berkualitas,” jelasnya.

Kampung KB di Kampung Dungkuk, Desa Cirinten, Kecamatan Cirinten ini akan berdampak positif bagi masyarakat. Program ini harus didukung sepenuhnya, dan lintas sektor harus pro aktif. Pencanangan ini, diharapkan seluruh lintas sektor dapat menyukseskan kampung KB ini, sehingga keluarga-keluarga yang ada dapat sejahtera dan mandiri dalam rangka Indonesia hebat kedepan. Intinya, bagaimana menyinergikan seluruh sektor-sektor untuk menyukseskan berbagai program KB ini.

Artinya, semua program dari berbagai sektor harus kita sinergikan untuk kesehatan masyarakat. Salah satu upayanya dari sisi keluarga berencana dan kita sosialisaikan serta mengajak masyarakat untuk memiliki anak dua. Sehingga lebih sehat, pendidikannya lebih terjamin.


Reporter : Aan

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: