Friday, July 20, 2018

Ritual Mappasoro atau Mattulabala Diadakan di RPTRA Kalijodo

MITRAPOL.com - Ritual Mappasoro (menghanyutkan sesaji di sungai) atau disebut Mattulabala, diadakan dua hari sebelum acara halal bi halal keluarga besar Mandar Sulawesi Barat yang akan digelar Sabtu dan Minggu 21-22 Juli 2018 di RPTRA Kalijodo.



Acara ritual tradisi adat budaya Mappasoro atau Mattulabala ini diadakan untuk menghormati para leluhur sebelum mengadakan acara agar acara berjalan dengan lancar tanpa hambatan, Kamis (19/07/2018).

Acara ritual penghormatan terhadap leluhur ini dilakukan oleh Daeng Jamal beserta Tokoh Masyarakat yang ada. Dalam ritual itu sesaji yang akan di hanyutkan di sungai dekat depan RPTRA , diantara : kembang, pisang, kelapa ijo, nasi putih, ketan hitam serta telur ayam kampung.

Sebelum di hanyutkan sesaji di sungai diadakan doa bersama untuk mendoakan para lelur sesepuh yang terdahulu, setelah di doakan di taruh diwadah nampan yang akan di hanyutkan di sungai di terangi oleh sebatang lilin.

Menurut Daeng Jamal, diadakan tradisi ritual Mappasoro atau Mattulabala, adalah tradisi keluarga Mandar untuk mendoakan para sepuh dan leluhur kami.

“Bentuk penghormatan terhadap leluhur kita kamuflasekan dalam bentuk tradisi yang dimana menghanyutkan sesaji di sungai setelah di doakan bersama. Untuk kelancaran acara yang akan berlangsung seperti ritual Mappasoro (menghanyutkan sesaji di sungai) atau Mattulabala (menyiapkan sesaji untuk menolak musibah) dan lain sebagainya yang diyakini akan membawa manfaat kepada masyarakat yang akan melakukan acara,” kata dia.



Masyarakat Mandar, sambungnya, sangat memperhatikan ketentuan adat dan tradisi yang telah dijalani selama berabad-abad lamanya ini. “Salah satu contoh yang tetap bertahan hingga kini antara lain adalah tata cara berbusana. Selain itu kita juga akan menampilkan kesenian adat budaya Mandar yang dimana akan diadakan selama dua hari ini pada hari Sabtu dan Minggu 21-22 Juli 2018,” tutupnya.

Reporter : sukemi

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: