Saturday, July 7, 2018

PPD Miru Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Paslon OMTOB Unggul

MITRAPOL.com - Panitia Penyelenggara Pemilu (PPD) Distrik Mimika baru, Papua telah rampung melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua serta Bupati dan Wakil Bupati Mimika di gedung Eme Neme Yaware, Kamis (7/7/2018) dinihari.



Acara itu dihadiri Para Saksi dari Cagub/Cawagub Papua dan saksi dari Cabup/Cawabup Mimika serta Anggota PPS dan PPD dan juga Panwaslu Mimika dipandu Anggota PPD, Hengky Binur.

Pleno Distrik Mimika Baru dimulai sejak Jumat, (28/6) lalu dan baru berakhir pada Sabtu (7/7) dinihari. Lantaran diwarnai perdebatan antara saksi-saksi dan Penyelenggara sehingga terjadi banyaknya skors yang dilakukan.

Pantauan Mitrapol.com, Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob dengan Jargon OMTOB unggul 24,24%, atau 27.211 suara disusul pasangan Hans Magal-Abdul Muis dengan Akronim HAM yang meraih 20,91% atau 21.200 suara serta diurutan ketiga Pasangan Mus Pigai - Allo Rafra dengan Akronim MUSA 13,06% atau 18.772 suara.

Sementara itu Empat Paslon lainya yakni Pasangan Nomor urut 2 Robert Waropea dan Albert Bolang (RnB) memperoleh 6,1% suara, Pasangan Nomor urut 7, Philipus Wakerkwa dan H. Basri (Philbas) 5,65% suara, Pasangan Nomor 1 Petrus Yanwarin dan Alpius Edoway (Petraled) 2,45% suara, dan Pasangan Nomor 5 Maria Florida Kotorok dan Yustus Way memperoleh 0,72% suara.

Distrik Mimika baru merupakan jumlah pemilih terbanyak dibanding Distrik/Kecamatan yang ada di Kabupaten Mimika, Papua.Pemilih Mimika Baru sendiri tersebar di 296TPS dari 11 kelurahan dan 3 kampung.

Jumlah DPT dan TPS di Mimika Baru hampir mencapai 50% dari total DPT 223.125 Pemilih. Dan 650 TPS yang tersebar di 152 kampung/kelurahan dari 18 Distrik di Kabupaten Mimika.

Pantauan MITRAPOL secara keseluruhan Pleno rekapitulasi tingkat Distrik di 18 Distrik yang ada. Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob tetap unggul. Hingga berita ini ditayangkan tersisa dua Distrik yang belum diplenokan, namun tidak mempengaruhi keunggulan Paslon yang satu satunya melalui jalur Partai Politik dengan nama tenar OMTOB tersebut. Namun lebih jelasnya sambil menunggu hasil Pleno Penetapan KPU yang rencananya digelar minggu malam besok



Selama kegiatan pleno berlangsung sempat diwarnai cekcok antar Pendukung Paslon dikawal ketat TNI/Polri dan berhasil diselesaikan oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S.Ik, MH hHingga aman terkendali.

Reporter : qodri

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: