Friday, July 6, 2018

Polisi Diminta Periksa Oknum FSPP Sobang yang Diduga Kebiri Bantuan 32 Ponpes

MITRAPOL.com - Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP), Kecamatan Sobang Lebak Banten adalah wadah dari 32 pondok pesantren yang belum lama menerima dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Banten.

Ilustrasi

Program bantuan uang yang disalurkan melalui rekening Bank konfensional kepada setiap pengasuh pondok pesantren bertujuan untuk menghindari adanya praktek pemotongan dan pengeluaran apapun yang dapat mengurangi jumlah bantuan agar dapat diterima secara utuh serta dapat digunakan sebagaimana mestinya. (baca juga : Bantuan Ponpes Kecamatan Sobang Disinyalir Dipotong Secara Terselubung)

Bantuan itu juga merupakan kali pertama pondok pesantren Salafiyah tersentuh anggaran sebesar Rp 20 juta untuk masing-masing pondok yang ada di Kecamatan Sobang.

Namun terungkap dari 32 Ponpes di Kecamatan Sobang yang mendapat bantuan ternyata telah mengeluarkan uang sebesar Rp 1,5 juta secara terkoordinir untuk pihak FSPP itu sendiri.

Pengumpulan uang dengan dalih infaq para kiyai untuk FSPP yang mengurusi proses turunnya bantuan dinilai tidak patut dilakukan oleh para kiyai selaku para pengasuh pondok.

Diterangkan oleh salah satu pengasuh ponpes bahwa uang itu bukan bahasa potongan maupun pungutan, melainkan sebagai uang infaq para kiyai untuk pihak FSPP yang selama ini mengurus persyaratan seperti IJOP ponpes dan berkas lain yang menjadi syarat untuk menerima bantuan.

"Uang Infaq itu pengganti biaya oprasional pengurus FSPP selama mengurus pengajuan dan dengan uang yang kami berikan itu sekaligus sudah terima beres termasuk untuk dibagikan pada pihak yang pantas diberi uang asalkan aman dan kondusif," ungkapnya.

Ironisnya, bantuan pemerintah yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan kemaslahatan pondok pesantren justru harus disisihkan secara kolektif untuk bancakan bagi-bagi uang para oknum.

Odih, salah satu pengasuh ponpes yang disebut sebagai orang yang mengkoordinir uang.

Saat ditemui MITRAPOL.com dikediamannya Odih tidak membantah jika dirinya yang mengumpulkan uang dari para kiyai untuk disetorkan kepada pihak FSPP Kecamatan Sobang.

"Iya semua sudah membayar full sesuai kesepakatan dan uangnya langsung saya setorkan ke ustadz Ace, karna saya tidak mau lama-lama memegang takut kepakai," tukas Odih.

Diketahui, Ace adalah Sekretaris Pengurus FSPP yang tak lain adalah putra H. Arwani Ketua FSPP Kecamatan Sobang.

MITRAPOL.com mencoba mendatangi ponpes Riyadul Ulum di Kampung Sindang Layung Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang untuk menemui H. Arwani Ketua FSPP Kecamatan Sobang guna meminta klarifikasi terkait adanya kolektif uang dari para pengasuh ponpes yang menanfaatkan bantuan.

Namun saat setibanya ditempat kediaman H. Arwani dirinya sedang tidak ada ditempat.

"Pak kiyai ditempat acara hajatan di Kampung Bongkok lagi menghadiri sunatan cucunya putra pak Ace," ucap seorang santri yang sendirian berada di pondok Riyadul Ulum tersebut.

Reporter : aan

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: