Friday, July 13, 2018

Pemkab Langkat Gelar Rapat Kordinasi Persiapan HUT RI ke 73 dan BBH ke 71

MITRAPOL.com - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH diwakili Sekdakab.Langkat dr.H.Indra Salahudin MKes.MM, memimpin rapat kordinasi persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesai (RI) ke -73 Kab.Langkat dan peringatan Berandan Bumi Hangus (BBH) ke-71, di Ruang Rapat Sekdakab Langkat, Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (11/7).



Ditentukan Upacara HUT RI dilaksanakan di Alun-Alun T. Amir Hamzah, Jl.Proklamasi Stabat pada Jum’at 17 Agustus 2018, sedangkan peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH) bertempat di Lapangan Petrolia Pertamina Pangkalan Brandan, Senin 13 agustus 2018.

Dalam rapat kordinasi tersebut,terkait persiapan HUT RI, dr.H.Indra menyampaikan, agar seluruh masyarakat Langkat, melakukan pemasangan bendera merah putih sesuai dengan himbauan Mensesneg pada tahun lalu, yaitu mulai tanggal 1 - 31 agustus 2018, untuk memperingati hari Kemerdekaan RI.

“Saya intruksikan kepada Diskominfo selaku seksi dokumentasi /publikasi pada kepanitian HUT RI, agar menginformasikan kepada masyarakat, tentang rangkaian kegiatan HUT RI, pada jadwal pemasangan bendera, yang dimulai 1-30 agustus 2018,”pungkasnya.

Sementara, dikatakan dr.H.Indra, peringatan BBH yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, selain bertujuan untuk mengenang peristiwa sejarah, juga bermaksud menjelaskan bahwa peristiwa BBH adalah cikal bakal munculnya perindustrian perminyakan di Indonesia.

Selanjutnya, dikatakan Sekdakab.Langkat, pada peringatan hari kemerdekaan RI kali ini, diisi dengan berbagai kegiatan dan hiburan yang menarik ditonton oleh masyarakat luas, sebab beberapa hiburan tersebut berasal dari budaya keragaman bangsa

Adapun petugas sekaligus hiburannya, Camat Batang Serangan menghadirkan gajah, yang ikut pawai sampai dengan Koramil Stabat dan atraksi hiburan mulai pukul 13:30 wib sampai dengan megikuti aubade. Camat hinai menghadirkan kuda kepang dengan penampilan atraksi pukul 13:30 sampai 15:00 wib. Camat Stabat menampilkan Barong Sai, atraksi setelah upacara sebelum pawai 30 menit , setelah itu mengikuti pawai. Hendra Reog Ponorogo, atraksi setelah upacara sebelum pawai 30 menit , setelah itu mengikuti pawai.

Pada upacara HUT RI ke-71 itu, Pengurus LVRI menghadirkan 10 veteran (6 Pa/ 4 Pi) dialun – alun usai upacara, namun jika yang hadir lebih dari 10 orang dipersilahkan, bermaksud akan diserah terimakan tali asih sebagi simbolis.

Sedangkan, pada persiapan BBH, sambung dr.H.Indra, masing-masing seksi memaparkan tanggal pelakasanan kegiatan yang akan dilaskanakan, menjelang dan hari H peringatan BBH tersebut, diantaranya.

Yaitu seksi Napak Tilas (Musa Pasaribu) menetukan jadwal tapak tilas dan route napak tilas pada 12 agustus 2018, seksi lomba lagu Baradan Bumi Hangus (Ayu), menetukan jadwal 9 agustus 2018, seksi karnafal (Kordinator Dikjar Kec.Bbaba;an) pada 13 agustus 2018, Seksi lomba baca puisi (Umar saputra SPD) 11 agustus 2018, seksi kolosal perjuangan dramakolosal lintas sejarah (Zainal Aka) 13 agustus 2018.

Pada penghujung, dr. H. Indra, menegaskan, berkenaan dalam hal tersebut, diharapkan, seluruh pihak yang tergabung dalam kepanitian, melaksanakan rangkaian kegiatan yang telah disepakati dengan baik dan penuh tanggung jawab, sesuai dengan tupoksi masing-masing.



Dihadiri oleh Pasi Op Kodim 0203/Langkat, Danramil Sei Lepan, Pihak Pertamina Pangkalan Brandan Kab.Langkat, Ketua DAC 45 Kab.Langkat, Pramuka Kab.Langkat dan sejumlah OPD terkait dijajaran Pemkab. Langkat.

Reporter : tolhas pasaribu

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: