Monday, July 9, 2018

Pasangan LUKMEN Menang Telak di Mimika Hasil Penghitungan Suara Pemilu Gubernur Papua

MITRAPOL.com - Pasangan calon Petahana Gubernur dan Wakil gubernur Provinsi Papua, nomor urut satu Lukas Enembe, S. Ip.MM dan Klemen Tinal, SE,MM dengan Jargon LUKMEN menang telak di Kabupaten Mimika. Papua atas penantangnya dengan nomor urut dua Jhon Wempi Wetipo, SH.MH dan Dr. Habel Melkias Suwae yang dikenal dengan JHOSUA.



berdasarkan hasil liputan Mitrapol Penetapan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada Pilkada 2018 di Kabupaten Mimika dimulai Minggu, (8/7/2018) Pukul 18.00wit hingga Senin (9/7) Pukul 05:00 wit. Bertempat di Gedung Eme Neme Yaware, Timika, Pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal memperoleh suara terbanyak yakni 117.371 Suara sedangkan Pesaingnya Jhon Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae Menempati posisi kedua dengan Perolehan suara 61.441 Suara.

Pelaksanaan rekapitulasi pilgub tersebut berjalan alot, lantaran banyaknya skors yang dilakukan Komisioner KPUD Mimika yang dipimpin Ketua KPU Mimika Yoel Luis Rumakewi didampingi tiga komisioner lainya.

Berdasarkan Jumlah DPT di Kabupaten Mimika sebanyak 223.125 Pemilih. Dan 650 TPS yang tersebar di 152 kampung/kelurahan dari 18 Distrik di Kabupaten Mimika.

Total partisipasi untuk pemilihan Gubernur mencapai 200.475 Partisipasi terdiri dari Suara SAH 178.822 dan Suara Tidak SAH sebanyak 21.663

Pleno Penetapan gubernur berjalan Aman dihadiri Saksi dari kedua Pasangan calon dan penyelenggara serta Pasangan calon Bupati dan Wakil bupati Mimika.

Sebelumnya KPU Mimika menjadwalkan penghitungan rekapitulasi pemilu Gubernur akan dilakukan bersamaan dengan rekapitulasi hasil penghitungan pemilu Bupati dan Wakil bupati Mimika namun melalui perdebatan panjang karena sebagian paslon meminta untuk menunda penetapan pleno rekapitulasi dengan alasan sebagian Distrik belum menyelesaikan penetapan pleno tingkat Distrik.

Hingga berita ini ditayangkan. Penetapan Rekapitulasi untuk Kabupaten Mimika diskors dan akan dilaksanakan kembali pada selasa (10/7) mendatang.



Rapat Pleno terbuka dihadiri Saksi dari Kedua Paslon Gubernur dan Saksi dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mimika, Bawaslu Provinsi Papua serta Penyelenggara dan undangan lainya dikawal ketat TNI/Polri dipimpin Kapolres Mimika, AKBP. Agung Marlianto, S.Ik, MH.

Reporter : qodri
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: