Wednesday, July 11, 2018

KPU Mimika Tetapkan Omaleng-Rettob Menang Pilkada Mimika 2018

MITRAPOL.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika, Papua menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Mimika 2018 telah usai. Pasangan nomor urut 6, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob dengan jargon OMTOB, berhasil mendapatkan suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan telah ditetapkan KPU Mimika.



Pasangan OMTOB meraup suara sebanyak 60.513 suara atau unggul dengan torehan 33,11 persen. Pasangan Omtob unggul dari pesaing terdekatnya, yakni pasangan nomor urut 4, Hans Magal - H. Abdul Muis dengan akronim (HAM) yang meraih 53.943 suara atau setara dengan 29,52%.

Sedangkan untuk pasangan nomor 3, Wilhelmus Pigai - Allo Rafra (MUSA) , menempati urutan ketiga dengan perolehan suara 32.415 atau 17,73 persen. Paslon nomor 2, Albertus Waropea - Albertus Bolang (RNB) di urutan empat dengan perolehan suara sebesar 16.033 atau 8,77Persen.

Selanjutnya Paslon nomor 7. Philipus Wakerkwa - H.Basri (Philbas) di urutan ke-lima dengan Perolehan suara 12.287 atau setara dengan 6,72persen, Paslon Nomor 1.Petrus Yanwarin - Alpius Edoway (Petraled) di urutan ke-enam dengan perolehan suara 5.731 3,13Persen dan Paslon Maria Florida Kotorok - Yustus Way (MariYus) diposisi buncit, dengan perolehan suara sebesar 1.801 suara atau setara dengan 0,92Persen.

Rapat pleno awalnya dihadiri seluruh saksi dan tim pemenangan serta pasangan calon namun saksi dan tim nomor urut 1 dengan akronim (Petraled) dan Paslon nomor 4 (HAM) memilih Walk Out setelah melakukan protes dan mewarnai perdebatan panjang kemudian menolak mengikuti lanjutan rapat pleno terbuka dengan berbagai alasan.

Hingga rapat pleno berakhir saksi dan paslon yang hadir yakni saksi dan cabup/cawabup petahana nomor urut 6 dengan akronim (OMTOB) dan saksi dan cawabup no.3 dengan akronim (MUSA), sementara itu saksi pasangan calon nomor urut. 2 (RnB), nomor urut 5. (MariYus) dan saksi nomor urut 7. (Philbas) tetap hadir mengikuti rapat pleno terbuka hingga selesai.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Luis Yoel Rumakewi didamping tiga komisioner KPU mimika lainya telah mengesahkan dan menetapkan hasil rekapitulasi suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika, di gedung Emeneme Yaware, Kota Timika, Papua, yang dimulai selasa, (10/07/18) Pukul: 15:00wit penetapan Rabu, (11/07/18) pukul 06:00 Wit.

Komisioner Bawaslu Papua yang juga selaku panwaslu Mimika, Djipto Wibowo kepada awak media mengatakan, walaupun mereka (pasangan calon) yang walk out dan tidak mau menandatangani rekapitulasi di tingkat kabupaten tidak masalah dan tetap sah.

"Walaupun hanya salah tiga paslon yang ikut tanda tangan, bahkan kalaupun hanya satu paslon yang menandatangani tetap sah. Dirinya juga mengatakan Bawaslu Papua saat ini telah menerima total laporan khusus pilkada Mimika tercatat 13 kasus yang sudah dilaporkan, tiga dari 13 kasus yang masuk telah dihentikan karena melewati batas waktu," ucapnya.

Dan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) dari Bawaslu Papua terhadap salah satu Anggota PPD berinisial JM bersama salah satu calon bupati mimika berinisial HM adalah benar adanya namun masih menetapkan azas praduga tak bersalah.



"Kami masih proses lebih lanjut terkait OTT, Kepolisian kami minta untuk membeck up kami dalam Operasi, dari barang bukti yang ada yakni berkas dari kotak suara namun masih kita tindak lanjuti," terangnya.

Reporter : qodri

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: