Monday, July 9, 2018

Hadir 15 Jam Tim dan Paslon Pilkada Mimika Pulang dengan Rasa Kecewa

MITRAPOL.com - Bila di Daerah lain telah mengetahui hasil Penetapan Rekapitulasi Hasil Pilkadanya bahkan telah berucap selamat antar masing-masing Paslon, di Kabupaten Mimika malah masih berkutat di Penghitungan Rekapitulasi hasil suara. Boro-boro penetapan KPU di tingkat kabupaten, justru penetapan pleno rekapapitulasi hasil pemilu pada tingkat Distrik lah yang masih menjanggal Penetapan Rekapitulasi Suara Pemilu.



KPUD Mimika sebelumnya mengundang TIM Pemenangan dan Pasangan calon Bupati dan Wakil bupati Mimika untuk menghadiri rapat Pleno Penetapan rekapitulasi suara hasil pemilu bupati dan wakil bupati bertempat di gedung Gedung Emeneme Yaware, yang sedianya dilakukan Minggu (8/7) Pukul 15:00wit namun waktu molor dan baru dimulai Minggu (8/7) pukul 18:00wit hingga Senin (9/7) Pukul 06:00wit tanpa hasil Penetapan Rekapitulasi Suara Pemilu Bupati dan Wakil bupati Mimika.

Jalanya Pleno, Rapat Terbuka Pleno Rekapitukasi Hasil Penghitungan dimulai Minggu (8/7) Pukul, 18:00wit diawali dengan menyanyikan lagu mars Indonesia Raya. Setelah itu langsung dihujani interupsi usai ketua membuka Rapat Pleno dari saksi-saksi perwakilan pasangan calon.
Para saksi selain saksi dari nomor enam dengan jargon OMTOB meminta agar Pleno sementara diskors lantaran sebagian Panitia Penyelenggara Distrik (PPD) sedang melakukan Penghitungan Rekapitulasi tingkat Distrik.

Ketua KPU Mimika Luis Yoel Rumakewi mengabulkan atensi dari sebagian besar pasangan calon tersebut. H. Abdul Muis sebagai calon Wakil Bupati terlihat hadir tanpa Pasanganya Hans Magal dari Paslon nomor urut 4 dengan Jargon HAM selain itu Pasangan yang hadir lengkap yakni Pasangan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob nomor urut 6 dengan Jargon Omtob sementara itu Mus Pigai sebagai calon bupati dari nomor urut 3 hadir tanpa wakilnya namun didampingi TIM Pemenangnya, kemudian calon Bupati dari nomor urut 5 Maria Florida Kotorok dengan jargon MariYus, dan H. Basri merupakan calon Wakil Bupati dari pasangan calon nomor urut 7 dengan akronim Philbas dan Pasangan lainya nomor 1. Petrdan

Masing-masing saksi dari perwakilan tiap paslon dipercaya sebagai pembicara mewakili Tim Pemenangan dan Pasangan calon.

Pantauan Mitrapol saksi dari paslon nomor empat meminta agar penetapan pleno pemilu Bupati Mimika di skors sambil menunggu selesainya pleno tingkat distrik walaupun hanya tinggal satu Distrik. Bahkan dirinya langsung keluar disusul calon wakil Bupatinya H. Muis yang hadir. Sementara itu saksi dan pasangan calon lainya lebih memilih bertahan hingga pagi hari meminta agar Bukti Form DA1 dan DAA berita acara dan sertifikasi diberikan KPU agar tidak terjadi kecurangan didalam KPU Mimika.

selain Pasangan calon Bawaslu Provinsi Papua juga meminta bahkan memberikan rekomendasi agar KPU segera memberikan Form DA1-KWK dan Form DA-KWK kepada Bawaslu Provinsi sebagai Pengawas dan Kepada Paslon sebagai peserta.

DA-KWK yang dimaksud adalah dokumen berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat Distrik atau kecamatan dalam pemilihan Gubernur/Bupati dan wakil bupati serta walikota atau wakil walikota.

Sementara DA1-KWK yakni sertifikat rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan perolehan suara dari setiap desa/kelurahan di tingkat kecamatan atau distrik dalam pemilihan.

Hingga berita ini ditayangkan Senin (9/9) Pukul 06:00 Pagi. KPU mimika melakukan skors hingga Selasa (10/7) besok dan berjanji memberikan Form DA1-KWK dan DA-KWK kepada Bawaslu Provinsi dan Masing-Masing Paslon setelah Skors dilakukan.

Usai Skors H. Basri selaku calon Wakil Bupati Mimika dari Paslon Philbas nomor urut 7. kepada mitrapol mengatakan "Kami dari Philbas sangat kecewa melihat Pihak KPU Mimika sebagai Penyelenggara malah menjadi penghambat karena tidak serius menangani kegiatan Negara ini. Ini tentu menjadi temuan sendiri buat kami walaupun juga sudah menjadi temuan Bawaslu Provinsi Papua. intinya kami dari Philbas sangat kecewa terhadap KPU Mimika," tutupnya.

Pantauan Mitrapol selama 15 Jam berlangsung hanya dilakukan Pembacaan dan penetapan pleno Rekapitulasi hasil Pemilu Gubernur dan Wakil gubernur Provinsi Papua.

yang dimenangkan oleh Cagub Petahana Lukas Enembe S.Ip. MH dan Kelemen Tinal, SE.MM disusul Penangtanya Jhon Wempi Wetipo, SH, MH dan DR. Habel Melkias Suwae.



Selama kegiatan dikawal ketat TNI/Polri dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP. Agung Marlianto, S.Ik. MH

Reporter : qodri
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: