Thursday, July 12, 2018

Diduga di Timbun, Kabupaten Butur Langka Bawang Putih

MITRAPOL.com – Belum lama ini di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara keberadaan bawang putih sangat di khawatirkan. Pasalnya kelangkaan terhadap pasokan bawang putih yang melanda Kabupaten Butur itu diduga akibat adanya penimbunan.

Bawang putih

La Saba salah satu pedangang di pasar Mina-Minanga mengungkapkan bahwa hal itu memicu kenaikan harga bawang putih yang signifikan.

Ia mengaku sudah sepekan suplai bawang putih dari Kota Bau-Bau belum masuk di pasar Mina-Minanga.

“Ini kita khawatirkan kalau bawang putih tidak masuk, di Butur. Apalagi sudah beberapa hari ini suplai bawang putih tidak masuk, yang di ambil dari Bau-Bau tidak masuk di pasar sini. Dan bisa harga bawang putih naik lagi Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu perkilo gram. Sampai para pembeli hari ini menurun," ungkap La Saba, Senin (10/7/2018) di pasar Mina Minanga.

Lagi-lagi La Saba menjelaskan, tidak mengetahui persis penyebab kelangkaan bawang putih ini. Ia hanya menduga pemasok yang sering dijumpainya itu belum memiliki rute ke pasar Mina-Minanga Kulisusu.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindang Butur Titing Indang mengatakan, belum mengetahui persis kelangkaan bawang putih yang terjadi di pasar Mina-Minanga Kulisusu.

“Apa penyebabnya kami belum tahu. Makanya dalam waktu dekat ini kita akan turun di pasar, untuk menanyakan kelangkaan bawang putih. Data Minggu pertama bulan Juli 2018 harga bawang putih itu masih stabil, Rp 35 ribu per kilogram," ungkap Titing saat ditemui mitrapol.com, Rabu (11/7/2018) di kantornya.

Reporter : david waridin

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: