Tuesday, July 10, 2018

Brigjen Dr. Viktor : Bahaya dan Dampak Narkoba Terhadap Kesehatan

MITRAPOL.com - Brigjen Dr. Viktor. SpB, FICS, DFM mengadakan kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba di Sekolah Kristen Ketapang 1, Jalan. Kyai H. Zainul Arifin No. 35 - 37, RT. 001, RW. 001, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa(10/07/2018), pukul. 08 : 00 Wib.


Viktor menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan narkoba, dampak narkoba serta trik menjauhi sehingga tidak sampai terjerumus penyalahgunaan narkoba. Narkotika adalah zat atau obat yg berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan Narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Sedangkan Zat Adiktif adalah bahan atau zat yang berpengaruh psikoaktif diluar yang disebut Narkotika dan Psikotropika,"jelas Brigjen Dr. Viktor. SpB, FICS, DFM. 


Brigjen Dr. Viktor. SpB, FICS, DFM juga adalah salah satu pengurus inti dari Organisasi BERSAMA yaitu sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang penanggulangan bahaya penyalahgunaan Narkoba, 

Akibat penyalahgunaan narkoba akan datang,
√ Penyakit AIDS,
√ Paru-paru,
√ Jantung,
√ Hepatitis,
√ Over dosis,
√ Kriminalitas,
√ Kekerasan atau kejahatan,
√ Putus sekolah,
√ Gangguan Jiwa.

Dan Tanda-tanda pencandu narkoba dalam fisik, yaitu
√ Mata memerah,
√ Kulit pucat-kepucatan,
√ Kelopak mata seperti berat atau mengantuk.

Serta Tanda-tanda dan Sikap terlihat pada didirinya,
√ Murung, cemas, depresi,
√ Emosional, perasa, gampang tersinggung
√ Mudah tersinggung oleh kritikan ringan
√ Mudah marah tanpa sebab
√ Tidak perduli dengan perasaan orang lain
√ Pelupa, menurunnya daya ingat
√ Bermusuhan
√ Tanggapan lambat.

Penguna narkoba beresiko sangat tinggi, jadi jangan coba-coba untuk berkomsumsi, jauhkan narkoba, narkoba no, prestasi yes,"kata Viktor dengan diiukuti Siswa-siswi Ketapang 1.


Saat ditemui mitrapol.com dilokasi Brigjen Dr. Viktor. SpB, FICS, DFM, mengatakan, kegiatan penyuluhan ini untuk memberikan pemahaman kepada remaja, khususnya pelajar tentang bahaya narkoba. Melalui penyuluhan pencegahan narkoba ini kita menularkan tentang bahaya narkoba kepada pelajar, supaya mereka bisa paham bahwa narkotika itu bisa merusak dan membahayakan,"kata Viktor

"Jadi, penyuluhan narkoba ini bukan hanya dilaksanakan kepada pelajar di sekolah-sekolah yang kita sasar tapi seluruh masyarakat pada umumnya,"ucapnya.


Penanggung Jawab Sekolah Kristen Ketapang 1 yang diwakili okeh koordinator lokasi SKK 1 Natalia. S, saat ditemui MITRAPOL.com, mengapresiasi adanya sosialisasi pencegahan narkotika itu.

"Kita tentu mengapresiasi pihak BNN RI yang bekerjasama dengan kami, karena penyuluhan ini juga demi menghindarkan pelajar dari bahaya narkotika, terima kasih kepada Bapak Brigjen Dr. Viktor. SpB, FICS, DFM,"kata koordinator lokasi SMAK Ketapang 1, Jakarta. Natalia S.

Hadir para Guru dan staf serta Siswa-siswi SMPK, SMAK Sekolah Ketapang 1, dan Gerakan Indonesia Anti Narkoba Guntur Eko Widodo dan Retna.




Reporter : sugeng

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: