Saturday, June 9, 2018

Tiga Pilar Lebak Bersinergi Jalankan Operasi Ketupat Kalimaya 2018

MITRAPOL.com - Gelar Pasukan Jelang Operasi Ketupat Kalimaya 2018 digelar jajaran Polres Lebak, Kodim 0603/Lebak, Satpol PP Lebak, Dishub Lebak, Dinkes Lebak dan BPBD Lebak yang berlokasi di gelar di Alun-alun Timur Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (6/6/2018).



Gelar pasukan tersebut bertujuan agar seluruh jajaran baik TNI dan Polri juga seluruh jajaran intansi terkait bisa bersinergi dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Turut dihadiri langsung oleh PJs. Bupati Lebak Ino S. Rawita, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto, Sekda Lebak Dede Jaelani, Kodim 0603/Lebak yang diwakili Danramil 0301 Rangkasbitung Kapten Inf. Dedi Junaedi, Dansubdenpom III/4-1 Lettu CPM Riswara, Asda I Alkadri, perwakilan dari Kejari Lebak, dan Kasatpol PP Dartim, Kadishub Sumadi.

Pada Awak Media PJs. Bupati Lebak Ino S. Rawita mengatakan, mengutip inti dari sambutan Kapolri terkait Operasi Ketupat 2018 yang akan diselanggarakan secara serentak diseluruh jajaran Polda selama 18 Hari, dimulai sejak tanggal 07 hingga 24 Juni 2018, melibatkan 173.397 orang personil gabungan dari Polri, TNI, Pemda serta seluruh stakeholder terkait.

"Hal ini dilakukan guna mengantisipasi potensi kerawanan terkait stabilitas harga pangan dan terpenuhinya pasokan bahan pangan, mengingat tahun ini potensi masalah tersebut terletak pada pendistribusian dan juga penimbunan yang sering dilakukan oleh kelompok Mafia Pangan dan perilaku Negatif Pedagang," ujar Ino.

Selain itu juga permasalahan keselamatan arus mudik dan arus balik, lantaran sedikitnya terdapat 6 titik lokasi rawan macet pada jalur utama Mudik Lebaran juga adanya potensi bencana alam dan gangguan Kamtibmas lainnya seperti Curas, Curat, Curanmor, Copet, Pencurian Rumah Kosong, Begal serta hipnotis.

PJs Bupati Lebak juga berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kalimaya 2018 kali ini.

Hal senada dilontarkan Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto mengatakan, mulai hari ini pihaknya siap menerjunkan pasukan-pasukannya guna pengamanan arus mudik 2018 di wilayah hukum Polres Lebak.

Pada operasi kali ini personil gabungan menurunkan 250 orang personil dari TNI dan Polri, ditambah 30 orang dari Dinas kesehatan, 30 orang dari BPBD dari Satpol PP dan Dishub dengan jumlah total 400 personil.

"Semua titik di Lebak kita anggap Waspada dan semua dipantau sesuai instruksi pimpinan, semua lokasi arus mudik kita waspadai dan pada H-3 akan kita pertebal, agar pemudik merasa aman nyaman. Tentunya saya sudah mengintruksikan kepada seluruh polsek agar para Babinkantibmas menyosialisasikan untuk membuat sepanduk bagi masyarakat yang akan mudik dapat menitipkan barang berharganya di Polsek terdekat, agar pemudik merasa aman," ujar Kapolres.

Sambung PJs Bupati Lebak, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Lebak dan Kapolres Lebak selaku penanggungjawab keamanan, hal ini bertujuan untuk melayani masyarakat agar merasa aman pada saat melaksanakan hari Raya Idul Fitri, selain itu pihak PUPR kabupaten juga sudah siap mendukung dalam pelaksanan arus mudik dan perayaan Idul Fitri.

Terkait tarif angkutan lebaran, PJs Bupati Lebak menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Dishub Lebak.



“Untuk tarif arus mudik lebaran kenaikan sebesar 25 persen saja,” tutup Pjs Bupati.

Reporter : anton hermawan

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: