Tuesday, June 12, 2018

KPU Malra Lantik KPPS dan Bimtek Penyelenggara Pilkada 2018

MITRAPOL.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tenggara melantik KPPS se Kecamatan Kei Kecil Timur sekaligus melaksanakan Bimbingan Teknis tentang penyelenggaraan Pilkada 2018 yang langsung dilakukan Komisioner KPU Maluku Tenggara Devisi Teknis Paul Beruatwarin yang berlangsung sehari di Pendopo Raja Rumat, Senin 11 Juni 2018.

Paul Beruatwarin Komisioner KPU Malra Bidang Teknis saat melantik KPPS sekaligus pengambilan Sumpah/Janji.

Ketua KPU Maluku Tenggara Engelbertus Dumatubun, SH saat ditemui mitrapol.com mengatakan bahwa pelantikan KPPS se Kecamatan Kei Kecil Timur serta sekaligus Bimtek ini agar selain mendapatkan legitimasi sebagai penyelenggara Pilkada 2018 juga diberikan Bimtek merupakan bagian terpenting dalam penguatan kapasitas penyelenggara disetiap Desa/Ohoi sebagai kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten Maluku Tenggara di setiap Ohoi/Desa.

“Yang dimaksudkan dengan pelaksanaan Bimtek ini untuk memberikan pengetahuan langsung tentang tata cara pemungutan suara sekaligus tata cara penghitungan suara yang tepat dan benar sebagai wujud dari peraturan KPU RI yang berlaku saat ini, dengan tujuan agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadi kesalahan dalam teknis penyelenggaraan yang pada gilirannya akan berdampak negatif,” tegas Dumatubun.

Dalam pelaksanaan Bimtek ini, Para Nara Sumber akan menyajikan materi sekaligus simulasi tentang peknis pelaksanaan tugas dalam mencermati format formulir dan berita acara yang digunakan pada saat pelaksanaan pemungutan suara sekaligus penghitungan suara nanti.

Dan dirinya berharap agar setiap peserta yang hadir dapat benar-benar mengikuti Bimtek ini dengan baik dan saksama, pinta Dumatubun.

Pelaksanaan pelantikan KPPS ini oleh KPU Maluku Tenggara yang dipercayakan kepada Komisioner KPU Maluku Tenggara Devisi teknis Paul Beruatwarin sekaligius sebagai Narasumber dan dibantu Kasubag Teknis serta staf lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Panwas Kei Kecil Timur, PPK Kei Kecil Timur serta Sekretaris PPK, para Kepala Ohoi, BSO serta sejumlah undangan lainnya.

Walaupun secara marathon dalam penyajian materi namun peserta secara sungguh-sungguh mengikutinya dengan baik termasuk pelaksanaan simulasi yang lebih memperdalam pemahaman setiap peserta.

Pada saat itu Paul dalam Sambutannya juga sempat mengatas namakan jajaran KPU Maluku Tenggara mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa kepada Saudara-saudara Muslim yang sementara menunaikannya.

Peserta KPPS

“Semoga amal Ibadah ini dapat memberikan kesejukan, sukacita dan kedamaian ditengah kehidupan antar Umat beragama di Negeri bertajuka Larvul Ngabal ini,” kata Beruatwarin sekaligus menutupnya.

Reporter : nor safsafubun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: