Breaking News

Tuesday, May 15, 2018

Musdes Cikatapis Direspon Positif Warga Masyarakat

Musdes Cikatapis Direspon Positif Warga Masyarakat

MITRAPOL.com - Penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Pembangunan Desa tahun 2019 Desa Cikatapis Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak, mendapat tanggapan positif dari peserta Musdes.



Tanggapan positif pada Musdes yang diselenggarakan di tempat pelaksanaan gedung SD Negeri 1 Cikatapis tersebut, disampaikan Saryani (51) salah seorang peserta perwakilan dari unsur masyarakat. Menurutnya, Musdes kali ini betul-betul melibatkan semua unsur masyarakat Desa.

"Saya sangat optimis bahwa perencanaan pembangunan Desa Cikatapis untuk tahun anggaran 2019 ini akan lebih berkualitas karena melibatkan semua unsur masyarakat," ujarnya, kepada Mitrapol.com setelah penutupan acara, Minggu (13/05/2018 ).

Dikatakannya, selain dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawatan Desa (BPD), acara Musdes juga melibatkan dari berbagai unsur masyarakat dan kelembagaan Desa, seperti LPM, TP-PKK Desa, Karang Taruna Desa, Paguyuban RT/RW, Paguyuban Posyandu, Paguyuban Guru PAUD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, dan undangan lainnya di luar warga Desa, seperti pendamping Desa, Babinsa, dan dari unsur kecamatan.

"Saya berharap, pelaksanaan Musdes perencanaan pembangunan Desa ini dapat mengakomodir semua yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat Desa, " tandas Saryani, yang juga selaku Ketua RW Kampung Keong.

Selain mendapatkan tanggapan positif dari peserta Musdes, apresiasi juga diberikan oleh Pendamping Lokal Desa dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Kalanganyar, Ahmad Saeful Khusni yang juga hadir sebagai undangan pendampingan. Bahwa penyelenggaraan Musdes di Cikatapis sudah sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 2 Tahun 2015 tentang tata cara penyelenggaraan Musdes.

"Saya memberikan apresiasi kepada BPD sebagai penyelenggara Musdes dan Pemerintah Desa Cikatapis yang sudah menyelenggarakan Musdes sesuai ketentuan, Musdes dipimpin oleh Ketua BPD, ada penyampaian pokok pembahasan oleh Kepala Desa, ada penyampaian pandangan resmi BPD terhadap draft rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), ada penjelasan yang menjadi pandangan resmi dari pendamping, dan ada penyampaian pendapat dan saran dari peserta Musyawarah Desa, saya berharap ke depan desa-desa yang lain bisa mengikuti seperti Cikatapis, dan penyelenggaraan Musdes di Cikatapis bisa menjadi Musdes percontohan," ujar Ahmad Saeful Khusni pada penyampaian resminya sebagai pendamping pada Musdes.

Sementara Kepala Desa Cikatapis, Darmawan mengatakan, bahwa penyelenggaraan Musdes perencanaan pembangunan Desa yang akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa di dalam penyusunan RKPDes tahun 2019, menjadi ajang pembelajaran bagi semua pihak, terlebih BPD sebagai penyelenggara.



Menurutnya, untuk menghasilkan perencanaan pembangunan Desa yang berkualitas, yang dapat mencakup prioritas kebutuhan Masyarakat Desa. “Maka penyelenggaraan Musdes harus berdasarkan peraturan yang menjadi dasar hukum pelaksanaannya," tandasnya.

Reporter : anton hermawan

Disclaimer: