Monday, May 14, 2018

Listrik Kerap Padam, Warga Butur Tumpahkan Kekesalan ke PLN

MITRAPOL.com - PLN unit Ereke, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara kerap melakukan pemadaman listrik yang disebabkan oleh gangguan teknis, setiap saat lampu terus dipadamkan.



Supervisor Teknik Kantor Pelayanan PLN unit Ereke bernama Saban Lababu saat di temui di kantornya, Kamis tanggal (10/5/2018) mengatakan, alasan mengenai pemadaman lampu yang dilakukan pihak PLN yang sering kali melakukan pemadaman listrik, karena ada sejumlah kerusakan pada pembangkit listrik, dan sampai sekarang masih dalam proses perbaikan.

"Kita punya daya mesin sekarang pas-pasan. Kalau ada salah satu gangguan otomatis ada pemadaman, entah siang atau malam dan itu pasti ada pemadaman seperti halnya, tadi lagi akinya jebol,” ungkap Saban.

Lanjut Saban, biarpun mesin baru, tetapi beroperasi terus menerus tanpa ada stopnya mesin, bisa saja akan mempengaruhi mesin, maka kami akan memaksimalkan agar bisa menyala. Maka jika ada pemadaman lagi, berarti sudah tidak ada jalan, berarti mesin itu ada kendala kerusakan.

“Karena saat ini daya mesin baru hanya 1500, sedangkan beban pemakaian untuk wilayah Kulisusu 1800, dan setengahnya kecamatan Kulisusu itu dayanya disuplai dari jaringan Baubau dan kecamatan Kulisusu Barat," terang Saban.

Saban menambahkan, jelang puasa diusahakan tidak ada pemadaman listrik. "Kita berdoa muda-mudahan dalam bulan puasa tidak ada pemadaman. Kalau pun ada pemadaman tapi tidak seperti tahun-tahun yang lalu, sebetulnya PLN tidak mengingnkan pemadaman," tambahnya.

Perlu diketahui, mesin baru yang beroperasi saat ini ada dua unit, dan mesin lama sisa satu unit. Sementara untuk mengatasi hal itu di Kecamatan Kulisusu itu butuh 1 Mega agar bisa bergantian, karena yang terpasang 5,6 Mega Watt, tetapi kemampuannya hanya 2 Mega Watt.

Reporter : david waridin


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: