Thursday, May 17, 2018

DPRD Malra Tetapkan LKPJ 2017 Disertai Rekomendasi

MITRAPOL.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tenggara menggelar Paripurna Istimewa terhadap Penetapan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2017 dengan melahirkan Rekomendasi kritis di Ruang Sidang Utama DPRD Maluku Tenggara pekan lalu.



Sambutan Plt. Bupati Maluku Tenggara yang dibacakan Plt. Sekda Hironimus Rettobyaan, SE mengatakan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) merupakan rangkaian kewajiban konstitusional Kepala Daerah yang disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara yang memuat progress tentang seluruh capaian kerja tahun 2017 untuk dinilai dan dievaluasi kearah penetapannya.

LKPJ disampaikan bersamaan dengan penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah pada akhir Maret 2018 lalu berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara 2017 menghasilakan berbagai capaian dan berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi diluar dari dugaan dan kendali kebijakan Pemerintah Daerah.

Disadari bahwa pikiran, pandangan serta pendapat yang berkembang didalam rapat rapat dan persidangan yang bermaksud mengklarifikasi berbagai hal yang berkembang selama ini sungguh merupakan kewajiban Dewan dalam melaksanakan tugas Budgeting, Kontroling dan Legislasi sehingga patut Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi hasil kerja Pansus DPRD Maluku Tenggara yang melahirka butir-butir kritis yang tertuang dalam Rekomendasi DPRD Kabupaten Maluku Tenggara pada Paripurna Istimewa ini.

Sungguh dipahami bahwa sikap DPRD terhadap LKPJ ini bukan mencari kesalahan dan kelemahan Pemerintah Daerah akan tetapi dimaknai sebagai upaya meningkatkan efektivitas, produktivitas penyelenggaraan Pemerintahan, baik pembangunan serta kemasyarakatan di Daerah ini.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara sangat menghargai semuanya itu dan telah memiliki catatan penting untuk disikapi dan ditindaklanjuti,” ungkap Rettobyaan.

Olehnya itu dikesempatan yang berbahagia ini Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara memberikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Tenggara atas segala dukungan dan kerja sama selama pembahasan sampai dengan Rekomendasi DPRD Maluku Tenggara yang baru disampaikan ini.

“Bahwa banyak pandangan kritis yang lahir selama proses tersebut sebagai aktualisasi dan fungsi serta peranan Dewan dalam penguatan penyelenggaraan system dan tata kelola Pemerintahan di Daerah tercinta ini,” tutupnya.

Reporter : nor safsafubun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: