Breaking News

Thursday, May 17, 2018

Dinas Kominfo Malra Laksanakan Lounching Aplikasi e-Office si Maya

Dinas Kominfo Malra Laksanakan Lounching Aplikasi e-Office si Maya

MITRAPOL.com - Pelaksanaan Lounching Aplikasi e-Office siMaya di Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Maluku Tenggara sebagai bagian dari penguatan kapasitas aparatur pada SKPD tersebut, hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Maluku Tenggara Karolus Maturbongs di Ruang kerjanya, Selasa 15 Mei 2018.



Karolus Maturbongs saat diminta keterangannya mengatakan bahwa pelaksanaan Louching ini terutama kepada Pejabat Esalon III dan IV serta staf berjumlah 20 peserta yang bertujuan memberikan penguatan kapasitas kepada aparatur sipil Negara (ASN) pada Dinas Kominfo Maluku Tenggara untuk dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan nanti pada system e-Goverman, e-Office siMaya agar tata kelola Pemerintahan yang konvensional ditingkatkan ke system e-Goverman dan e-Office siMaya.

“Bahwa system pelayanan public yang cepat dan tepat sangat diperlukan adanya Aplikasi e-Office siMaya sehingga baik penyelenggaraan tugas dan pelayanan maupun semua bentuk kegiatan dapat terkontrol secara pasti baik secara vertical maupun horizontal lingkup birokrasi,” tambahnya.

Pihaknya juga lebih awal melaksanakan Lounching Aplikasi ini sebagai OPD teknis bidang komunikasi dan informasi sehingga apabila kelak akan berjalan maksimal tentunya akan diikuti OPD lainnya dan dirinya katakana bahwa E-Office belum dilaksanakan di Kabupaten lain di Provinsi Maluku maupun sebagian Daerah lain di Wilayah Republik Indonesia.

“Oleh karenanya Dinas Kominfo Maluku Tenggara mendorong serta memberikan dukungan atas inovasi ini karena berdampak besar dalam pelaksanaan administrasi Pemerintahanh di Kabupaten Maluku Tenggara,” pungkas Maturbongs.

Maturbongs mengharapkan kepada 20 peserta Lounching agar dengan tekun mengikuti Lounching Aplikasi e-Office Aplikasi ini dengan baik dan saksama karena bukan sebatas hanya untuk mengikutinya tapi kalian akan mengimplementasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari teristimewa pelayanan publik tercepat dan Kominfo harus menjadi pilot project dalam penggunaan sisten IT yang dewasa ini semakin berkembang pesat.

“Dan perlu disadari bahwa Dinas Kominfo adalah pengelola dan Pembina sisten e-Govermen sehingga pada gilirannya nanti akan memberikan pendampingan kepada OPD lainnya dan dijadikan sebagai Pilot Project,” kata Maturbongs.

Selain itu Project Leader, Dominicus Foudubun, SE yang melakukan inovasi ini saat menyampaikan materi sosialisasi mengatakan bahwa target capaian pada tahun 2019 nanti semua OPD pengelola naskah Dinas secara elektronik.

Dirinya juga memberikan simulasi dan demonstrasi penggunaan Aplikasi e-Office siMaya kepada seluruh peserta sebagai bagian dari penguatan sumber daya Aparatur pengelola Aplikasi ini. Kegiatan ini berlangsung sehari dengan jumlah peserta 20 personil yang terdiri dari Pejabat esalon III dan IV serta sejumlah staf yang ada pada Dinas Kominfo Maluku Tenggara.

Foudubun juga menghimbau kepada peserta Lonching agar dengan penguatan sumber daya aparatur ini kita bisa mampu keluar dari system konvensional dan beralih kepada system e-Goverman dengan menggunakan aplikasi ini, semoga kita sekalian secara bersama-sama merubah system kerja kita pada Dinas Kominfo Maluku Tenggara.

Reporter : nor safsafubun

Disclaimer: