Tuesday, March 20, 2018

Siswa SMAN 1 Kei Kecil Siap Hadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional

MITRAPOL.com – Siswa dan Guru SMAN 1 Kei Kecil, Kab. Malra sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Hari pertama, Senin 19 Maret 2019.

Kepala SMAN 1 Kei Kecil Yakuba Namsah S.Pdi

Sebelum memasuki ujian sekolah pada hari ini seluruh siswa sudah di siapkan dengan pelatihan simulasi mata pelajaran dimulai dengan simulasi tahap pertama, kedua dan ketiga.

Namun di dalam simulasi tahap pertama ini tidak wajib untuk pendidikan siswa SMA, SMK menyeluruh secara nasional. Simulasi tahap kedua dan ketiga itulah yang wajib untuk pendidikan SMA dan SMK secara nasional.

Menurut penjelasan Kepala SMAN 1 Kei Kecil Yakuba Namsah S.Pdi setelah simulasi yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada para siswa kurang lebih dua minggu sebelum memasuki ujian sekolah berstandar nasional.

“Pada hari ini seluruh siswa sudah di siapkan secara matang untuk menghadapi soal dari pusat dengan prestasi 25%. Selain itu di tingkat kabupaten/kota disiapkan 75% soal dan semuanya sudah rampung dua hari sebelum memasuki ujian dan hari ini adalah hari pelaksanaannya,” ungkap Namsah.

Dirinya juga menegaskan soal standard tingkat kelulusan siswa dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional melalui simulasi yang di laksanakan dan juga ada pra ujian dilaksanakan oleh pihak sekolah kepada siswa, guna untuk meningkatkan kualitas dan daya ingat siswanya pada saat menghadapi ujian.

“Selain itu ada juga guru-guru mata pelajaran yang juga melakukan les privat kepada para siswa untuk mengukur kisi-kisi soal yang nantinya diturunkan dari pusat maupun yang di buat di tingkat kabupaten/kota, kurang lebih selama satu minggu kedepan dan semua siswa sudah siap untuk menghadapi ujian tersebut,” imbuhnya.

Yakuba Namsa menegaskan bahwa tingkat kelulusan anak didiknya dalam menghadapi Ujian di tahun ajaran 2017- 2018 ini, belum bisa pastikan angka/tingkat kelulusan siswanya berapa persen. Namun di tahun sebelumnya tingkat kelulusan sangat di banggakan.

“Harapan saya sebagai Kepala Sekolah untuk anak didiknya jangan sampai tergesa-gesa dalam mengerjakan soal ujian yang ada, namun tetap memperhatikan butir soal yang dikerjakan dan selalu memperhatikan standar operasional prosedur yang berlaku dalam menghadapi ujian tersebut,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama saat MITRAPOL.com, mewawancarai seorang siswa terkait kesiapan mereka dalam menghadapi ujian yang berlangsung, menurut siswa tersebut kesiapan pertama ialah mereka selalu menjaga kondisi kesehatan agar selalu fit dan tidak lupa pula mereka selalu berdoa sebelum mengerjakan soal ujian mereka.


“Hal itu saya lakukan dengan harapan agar kami bisa meraih nilai yang memuaskan dan tingkat kelulusan 80% hingga 100%,” tandasnya.

Reporter : m. fakoubun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: