Thursday, March 22, 2018

SDN 2 Malingping Selatan Ikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

MITRAPOL.com - Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Malingping Selatan yang ada di Kabupaten Lebak, mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat kecamatan, bertempat di Gedung PGRI Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (22/3/2018).



“Peserta lomba tari dari 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak. Sebab seni tari merupakan bagian dari kehidupan yang berkaitan dengan mempertahankan kelangsungan hidup manusia dan sebagai sarana pengenalan dan pengajaran budi pekerti, melatih kesabaran dan menghargai sesama," ujar Kepala Sekolah Dede Midawati S.Pd, SD.

Masih kata Dede Midawati, dalam upaya pemberian ruang aktivitas dan potensi siswa SD di bidang seni. Kami sebagai penangung jawab SDN 2 Malingpilng Selatan yang akan mengikuti lomba tari seni tingkat Sekolah Dasar yang akan di perani oleh anak murid kami, Adelia, Sanda, Ghea yang akan pentas menari di depan para juri-juri, tema yang akan di bawakan tarian tampah.

"Tarian tampah merupakan tari kreasi baru yang di angkat dari tari tradisi yang berkembang di daerah Banten, tari ini menggambarkan tentang aktivitas masyarakat Banten menampi beras secara tradisional untuk memisahkan atah dan beras sebelum di cuci dan dimasak, dengan cara di ayak secara manual dengan tangan, kemudian atah akan otomatis tersisih,” kata dia.

Masih katanya, tarian ini di pertunjukan dengan iringan perpaduan musik tradisonal, yang bernuansa kebersaman masyarakat dalam menampi beras, dalam mengangkat tema ini dapat menciptakan kreativitas dan kebersamaan serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pelestarian kebudayan yang terbentuk dari sebuah ke arifan lokal masyarakat, menampi beras yang di mainkan oleh ke tiga perempuan mengenakan pakaian tradisonal sunda.

“Untuk itu kami sebagai Kepala SDN 2 Malingping Selatan mengikuti Festival Seni untuk mewadai kreativitas bagi siswa. Melalui kesenian ini diharapkan dapat membangkitkan potensi dan talenta siswa yang berprestasi karya, semoga dari SDN 2 Malingping Selatan bisa jadi juara satu dalam lomba Festival Seni Siswa Nasional Tingkat SD," tandas Dede Midawati.

Reporter : anton hermawan

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: