Friday, March 9, 2018

Satgas Yonif Para Raider 501 Lakukan Fogging Door to Door Antisipasi Malaria

MITRAPOL.com - Guna mencegah berkembang biaknya Nyamuk Malaria, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad yang berada di Pos Skamto mengadakan Fogging ke rumah rumah penduduk sekitar Pos Skamto, tepatnya di Kampung Yowoong. Pelaksanaan Fogging ini sendiri dilaksanakan setelah mendapatkan informasi dari warga sekitar Kampung Yowoong, bahwa di Kampung Yowoong adalah merupakan daerah endemik Malaria, Kamis, (08/3/2018).




Dimana pada kegiatan tersebut Komandan Pos Skamto, Lettu Inf. Dalimunte mengatakan bahwa, saat ini penyakit Malaria merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang ada di wilayah Papua, virus yang di sebarkan oleh nyamuk ini dapat menyebabakan kematian apabila terlambat dalam penanganannya.

Selanjutnya setelah mendapat informasi tentang endemik Malaria di Kampung Yowoong, Komandan Pos Skamto, Lettu Inf. Dalimunte segera memerintahkan petugas Kesehatan Pos Skamto, untuk melaksanakan Fogging ke rumah rumah penduduk di Kampung Yowoong. Ada 17 Rumah yang menjadi sasaran pelaksanaan Fogging ini. Satu persatu bagian dalam dan luar rumah pun difogging, mulai dari pekarangan rumah, kamar kamar, kamar mandi, sampai kandang hewan ternak pun tak luput dari sasaran Fogging.

Setelah dilaksanakannnya Fogging ini Lettu Inf. Dalimunte berharap akan didapatkan suasana baru yang bersih, sehat, dan nyaman serta dapat mengurangi angka kasus Malaria di Kampung Yowoong. Kampung Yowoong sendiri dihuni oleh 77 Kepala Keluarga, dan dari 77 Kepala keluarga tersebut 95% sudah terkena Malaria. Hal inilah yang melatarbelakangi Lettu Inf. Dalimunte untuk mengadakan Fogging dari rumah kerumah,"jelas Lettu Inf. Dalimunte.

Disamping itu Berbagai tanggapan Positif diberikan warga Kampung Yowoong kepada pihak Satgas dari pelaksanaan Fogging tersebut. Medan Warobay (58) seorang Pendeta yang merupakan warga Kampung Yowoong mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada Satgas Yonif 501, dimana mereka sudah memberikan rasa nyaman terhadap Kampung Yowoong,"Ucap Medan Warobay.


Selanjutnya Pendeta juga berharap kegiatan seperti bisa dilakukan secara rutin, "setidaknya sebulan sekali supaya Kampung Yowoong bisa terbebas dari penyakit Malaria," tutupnya.

Reporter : ronald karambut

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: