Thursday, March 15, 2018

Ratusan Anggota Polres Batang Lakukan Rikkes di Klinik Wira Satya

MITRAPOL.com - Ratusan personel Polres Batang menjalani pemeriksaan kesehatan berkala tahap pertama tahun anggaran 2018 bertempat di Klinik Wira Satya Dokkes Polres Batang Polda Jawa Tengah, Rabu (14/3).



Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan baik. Pemeriksaan sendiri bekerjasama dengan Bidokkes Polda Jawa Tengah serta Laboratorium Klinik Kualita Medica Semarang.

Dalam pelaksanaan kegiatan Rikkes berkala tersebut terbagi dalam 3 intens, yang membedakanya melihat faktor usia anggota Polri dan PNS Polri tersebut.

Dimulai dari tahapan pendaftaran, pemberian formulir, pengambilan darah dan urine, pengecekan fisik seperti TB dan BB, observasi tanda-tanda vital seperti cek tensi dan nadi, pengecekan EKG, observasi treadmill, pengecekan ontodogram, pemantauan keluhan kesehatan oleh dokter umum, pengecekan gigi.

Personel Polri dan PNS Polri tampak antusias dalam mengikuti tahapan demi tahapan dalam pengecekan kesehatan dari berbagai aspek, sebelum pelaksanaan Rikkes personel diharapkan berpuasa 10 jam.

Pembina Endang S, SPKJ mengatakan, kegiatan ini untuk mengecek secara dini Samapta aggota Polri.

"Kita dapat mengetahui secara dini kesehatan anggota. Selain itu, apakah anggota tersebut mengkonsumsi narkoba, terjangkit hiv, aids, dll. Jika diketahui dengan cepat diambil penanganan dan bisa dirujuk di RS. Bhayangkara," kata dr. Endang.

Senada Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga, SIK melalui Kabag Sumda Kompol Hundarto, SH mengatakan, untuk tahun ini Rikkes berkala sesuai anggaran 2018, Polres Batang hanya melaksakan sekali dalam setahun.

“Meskipun sejak pagi klinik penuh sesak, namun kegiatan pemeriksaan berjalan dengan tertib. Rikes ini nantinya akan diketahui kondisi kesehatan pada tubuh kita," katanya.

Harapanya, dengan mengetahui kondisi tubuh kategori sehat dapat menunjang pelaksanaan tugas dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

"Namun bagi yang kurang harus merubah baik pola makan, olahraga dan lain sebagainya. Tentunya dengan petunjuk medis, sedangkan yang dinyatakan sehat agar untuk tetap menjaganya," pungkas Hundarto.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: