Friday, March 16, 2018

Prospek Pertumbuhan Perekonomian Provinsi Maluku 2018

MITRAPOL.com - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku pada triwulan II-2018.Sanggat stabil dalam rentang 5,86%-6,26% (yoy).



"Dari sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2018 didorong oleh membaiknya kinerja Lapangan usaha Pertanian dan Perikanan," kata Erik salah satu Tim Ekonomi Regional, kepada mitrapol.com, Jumat (16/03/2018).

Erik menyampaikan, Subsektor Perikanan di Provinsi Maluku diperkirakan membaik namun dengan level yang terbatas. Karena menurutnya mebaiknya Subsektor Perikanan didorong oleh kondisi cuaca yang membaik. Selain itu, harga udang internasional diperkirakan stabil dan harga tuna internasional diperkirakan meningkat pada 2018 (berdasarkan analisis Food and Agriculture Organization – FAO).

"Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 ini juga akan cukup terdorong dari lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran seiring adanya arus barang masuk yang meningkat di awal tahun 2018 kemarin," kata dia.

Erik menambahkan, namun pertumbuhan tersebut masih akan terbatas. Hal ini tercermin dari ekspektasi kegiatan usaha korporasi dalam Survei Kegiatan Dunia Usaha yang cenderung meningkat pada akhir tahun 2017 namun sedikit menurun pada awal tahun 2018. 
Erik membeberkan, stabilnya pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2018 lebih ditopang dari Komponen Konsumsi Rumah Tangga, walaupun diperkiranan masih terbatas. Konsumsi rumah tangga diperkirakan tumbuh terbatas pada triwulan II-2018 seiring dengan meningkatnya optimisme masyarakat terhadap kondisi ekonomi.

"Hal tersebut tercermin dalam Survei Konsumen Bank Indonesia dimana ekspektasi masyarakat terhadap kondisi ekonomi 6 (enam) bulan ke depan terus membaik," ujarnya.

Selain itu, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan di beberapa kabupaten/kota di Maluku akan cukup mendorong pertumbuhan ekonomi Maluku di triwulan II-2018. ​

Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Maluku untuk keseluruhan tahun 2018 diperkirakan dalam rentang 5,71% - 6,11% (yoy), sedikit meningkat dibandingkan keseluruhan tahun 2017 yang tumbuh 5,81% (yoy). Pertumbuhan ekonomi diperkirakan didorong oleh terus membaiknya Sektor Perikanan seiring meningkatnya produksi dan ekspor perikanan.

Reporter : moh fagih difinubun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: