Monday, March 19, 2018

Polwan Peduli Remaja Polres Metro Jakarta Barat Mengajak Siswa Melawan Hoax dan Narkoba

MITRAPOL.com - Remaja di setiap zaman memerlukan pendekatan yang berbeda, begitu pula dengan remaja zaman sekarang yang sangat akrab dengan teknologi digital. Perkembangan teknologi yang sangat massif telah mengubah cara komunikasi menjadi lebih intens dalam ruang maya.



Polres Metro Jakarta Barat Jajaran Polda Metro Jaya dengan melaksanakan program-program yang membuat masyarakat menjadi dekat dengan Polisi, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi. SIK, MH bersama Ketua Bhayangkari Cabang Polres Metro Jakarta Barat Intan Hengki Haryadi beserta jajaran anggota Polwan Polres Metro Jakarta Barat mengajak siswa SMK Islam Al Chanah berperang melawan hoax, narkoba dan SARA, serta Medsos, di Aula SMK Al Chanah, pukul. 08 : 30 Wib, Jalan Tanjung Duren Barat III, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (19/3/2018).

Ketua Cabang Bhayangkari Polres Metro Jakarta Barat Intan Hengki Haryadi menyampaikan, Orangtua memang membutuhkan gaya dan pendekatan yang berbeda. Apa yang kurang dari kehidupan keluarga saat ini adalah perhatian. Perhatian terhadap anak hanya dimaknakan sekadar memberi asupan makanan, uang jajan, dan fasilitas. Sementara makna seperti tersebut dalam dunia anak, ikut memerankan apa yang diimajinasikan anak, dan cenderung cepat menyimpulkan (tidak mendengar secara antusias) apa yang anak ceritakan tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan, tidak mudah menjadi anak di era digital yang tengah bergeliat ini. Begitu banyak informasi meluap, mampu mengubah perspektif anak terhadap kebenaran. Terpaan media yang massif dapat mengubah yang hitam menjadi putih, begitupun sebaliknya. Disinilah anak membutuhkan bekal (tata nilai) yang perlu diketahui ketika mereka berhadapan dengan dua buah konsekuensi dari kehadiran media baru tersebut, yakni keleluasaan dan interaktiviti,"kata Istri Kapolres Metro Jakarta Barat.

Masih kata Intan Hengki Haryadi, Kelelulasaan membebaskan orang untuk berpendapat dan memproduksi informasi atau berita, sementara berita itu datang dari sumber benar atau salah, disini nanti akan diterangkan oleh para personil Polwan Polres Metro Jakarta Barat kepada adik-adik, bagamana cara menyikapinya,"jelas Ketua Cabang Bhayangkari Polres Metro Jakarta Barat.

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Barat AKBP Lilik Haryati mengajak para Siswa agar benar-benar teliti dalam menggunakan Media Sosial, mari kita sama-sama melawan hoax, dan narkoba, jangan biarkan diri adik-adik terjelurumus yang namanya narkoba, dan kenakalan remaja, saya yakin adik-adik yang disini selalu menjaga diri dengan baik, bergaul dengan baik, tidak mudah terhasut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Usia remaja memang sangat rentan akan pengaruh negatif itu terbukti dari pengaruh psikologis yang rata-rata mereka masih labil dan mudah terpengaruh hal negatif dari pergaulan sehari-hari baik kejahatan kriminal maupun penyalahgunaan narkoba,"tutur AKBP Lilik Haryati. SH, MH.

Hadir dalam  kegiatan tersebut   antaranya, adalah : Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi. SIK, MH,  Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Barat AKBP Lilik Haryati. SH, MH, Kapolsek Tanjung Duren Kompol Lambe Petabang Birana. SIK, para Bhayangkari cabang ranting Jakarta Barat dan Polwan jajaran Polres Metro Jakarta Barat serta diikuti perangkat Guru dan 144 Siswa serta Siswi Pelajar SMK Al- Chasanah.

Dalam acara  kegiatan Polwan Peduli Remaja tersebut, mendapat antusias dan respon yang positif dari para pelajar dan para  Guru-Guru yang hadir.

Asyaiah salah seorang siswi Al- Chasanah menyatakan rasa bangganya dan mengucapkan  terimakasihnya atas apa yang disampaikan dari Kapolres beserta jajaran. Ia akan selalu kroscek terlebih dahulu tentang berita di Media Sosial.


"Program ini sebagai motivasi kami untuk bisa lebih mawas diri dari pergaulan dan juga harus lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial." Pungkasnya

Reporter : sugeng
Editor : grey andresta

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: