Friday, March 16, 2018

Peringati Hari Konsumen Sedunia, LPKNI dan YLKI Gelar Aksi Damai

MITRAPOL.com – Begitu besar perjuangan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) dalam memperjuangkan hak-hak para konsumen di Indonesia. Menggandeng Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi, LPKNI memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2018.



Selain memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia, LPKNI dan YLKI juga mengadakan sosialisasi dengan menggelar aksi damai di kantor Gubernur Jambi dan DPR Provinsi Jambi agar masyarakat dapat menjadi konsumen yang cerdas.

Dalam aksi damai itu LPKNI dan YLKI meminta DPR Provinsi Jambi untuk dapat bersama-sama menindak lanjuti penarikan peredaran SNI tabung LPG 3 Kg yang yang tidak sesuai standard atau masih menggunakan tabung SNI 1452:2007 lalu menggantinya dengan tabung SNI 1452:2011 berdasarkan peraturan Menteri Perindustrian No.47 tahun 2012.

"Mana yang lebih penting kelangkaan tabung LPG 3 Kg atau kselamatan kita?. Tujuan ditariknya tabung LPG 3 Kg yang tidak sesuai SNI adalah untuk keselamatan kita, dan pemerintah bertanggung jawab untuk menukarnya dengan tabung LPG 3 Kg yang bernomorkan SNI 1452:2011," kata Kurniadi Hidayat Ketua Umum LPKNI.

Saksikan Videonya Disini

Selain itu LPKNI juga membagikan selebaran di persimpangan lampu merah yang berisikan "Saatnya Konsumen Bicara Bila Merasa Dirugikan".

"Hak-hak konsumen ini dilindungi undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," tambah Kurniadi Hidayat dalam aksinya memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia di kantor DPR Provinsi Jambi, Kamis 15 Maret 2018.

Pembeli adalah Raja dan Pembeli juga adalah Konsumen, jadi Konsumen adalah Raja. Sedikit flashback ke belakang, hari Hak Konsumen Sedunia bermula dari pidato Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy di depan Kongres pada 15 Maret 1962. Dalam pidato tersebut John F. Kennedy menyatakan bahwa “konsumen adalah kelompok ekonomi terbesar, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hampir setiap keputusan ekonomi publik dan swasta. Namun mereka adalah satu-satunya kelompok penting, yang pandangannya sering tidak didengar,” kata John F. Kennedy kala itu.


Berikut adalah beberapa hak kita sebagai konsumen :

1. Hak memilih barang atau yang akan dikonsumsi
2. Hak mendapat kompensasi dan ganti rugi
3. Hak dilayani, diperlakukan dengan baik tanpa diskriminasi
4. Hak mendapat advokasi dan perlindungan serta upaya penyelesaian sengketa
5. Hak didengar pendapat dan keluhannya
6. Hak atas keamanan, kenyamanan, keselamatan dalam mengkonsumsi
7. Hak mendapat informasi yang benar, jelas, dan jujur atas apa yang akan digunakan atau dikonsumsi
8. Hak mendapat barang/jasa sesuai nilai tukar dengan kondisi dan jaminan yang dijanjikan.

Salam Konsumen Cerdas


Reporter : kh
Editor : andrey grey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: