Tuesday, March 20, 2018

Peringati HAD ke XXVI, BBWSPJ Memakai Tema "Nature For Water"

MITRAPOL.com - Menjelang Hari Air Dunia yang Ke XXVI, tahun 2018 , maka Balai Besar Pompengan Sungai Jeneberang (BBPSJ) Wilayah Makassar menggelar beberapa kegiatan untuk menyambutnya. Seperti yang terlihat saat ini para pegawai staf dari Balai tersebut sangat antusias dalam melakukan gelar kerjabakti sambil berlomba.



Hal ini dalam momentum peringatan hari air dunia XXVI tahun 2018 yang diawali dengan lomba bersih bersih kanal di sepanjang kanal diwilayah Hertasning Baru dekat pasar dan kanal dekat jembatan citraland, Minggu (18/03/2018).

Kegiatan ini bertemakan "Lestarikan Alam Untuk Air" seperti yang terlihat dibaju baju yang mereka pakai , sebanyak tiga team yang diikuti oleh staff dari Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang (BBSPJ) Makassar tersebut yang dibagi dalam kelompok yang akan bertanding dimana tiap kelompok baju yang dipakai beda beda dan turut pula melibatkan masyarakat yang ada disekitar kanal.

Dalam hal perlombaan ini adalah Sasaran utama dari kegiatannya adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Hal ini dimaksudkan oleh ketua panitia lomba sekaligus yang membuka perlombaan ini.

"Tujuan utama adalah memotivasi masyarakat setempat untuk sadar dan menjaga kebersihan air sebagai sumber kehidupan," ujar Marfah, Ketua Panitia.

Dalam hal ini panitia lomba mengangkat team juri dari kepala bagian sebanyak 7 orang dari pihak BBSPJW makassar ini dengan memberikan point tertinggi bagi kelompok yang mampu menggerakkan warga setempat sebanyak mungkin.

Salah satu team juri yang ditemui Surya mengatakan, Besarnya jumlah masyarakat yang terlibat dalam lomba ini akan diberikan nilai poin 20, termasuk pembuatan karung bekas untuk tepian kanal, "kebersihan sampah dalam dan luar saluran serta paling utama adalah kekompakan tim,"ujarnya disela sela memantau para peserta yang ikut lomba.

Marfa Ibnu sebagai ketua panitia membeberkan dalam wawancaranya adalah pada intinya Kami mengadakan perlombaan ini dalam momen memperingati HAD ke XXVI. Tahun 2018 mengawali wawancara nya saat ditemui dijembatan hijau setelah pembukaan.

Ditambahkan gelar lomba ini bukan untuk siapa yang menang dan siapa yang kalah tapi ini berytujuan untuk memotivasi kepada para staf BBSPJW Makassar ini untuk ikut andil dalam hal kebersihan disamping itu pula merangkul warga masyarakat setempat yang tinggal disekitaran kanal.

"Pada intinya ini untuk memberikan rasa nyaman dan rasa adanya kesadaran mereka saja yang tinggal disekitar pinggir kanal ini agar tidak membiasakan diri membuang sampah dipinggir kanal tapi membuangnya pada tempat yang sudah disediakan," harapnya.

Selain lomba kebersihan digelar pula lomba mewarnai, foto foto antar Siswa SMA. dan inti dari pada puncak acara HAD ke XXVI tanggal 22 maret ini adalah penanaman pohon yang nantinya dilakukan di pinggir Danau Mawang dan pada bulan april mendatang yakni tanggal 5 akan diadakan acara whorksop.


"Sebanyak 146 orang yang diturunkan ikut lomba yang akan menyasar di 27 titik dan sekitar 1600-1700 meter panjangnya dari sisi kanan dan kiri kanal yang akan dibersihkan yang dibagi atas 3 OP (operasional Perluasan). Dalam hal ini dinilai oleh para juri.adapun acara lomba bersih bersih kanal ini dimulai dari jam 08:00 wita pagi sampai dengan jam 16:00 wita sore hari," urainya.

Reporter : mir

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: