Friday, March 16, 2018

Kementerian Pariwisata Beri Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Kepada Guru SMK

MITRAPOL.com - Hari ini Jum'at (16/3) Kementerian pariwisata melalui deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan meyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertempat di Hotel Hang Juang Hegar, Cimalaka Kab. Sumedang.



Hadir dalam acara pelatihan, Pjs Setda H. Sanusi Mawi, Dinas pariwisata diwakili oleh Ade setiawan dan Rusiana dari dinas pendidikan dan kebudayaan. 

Peserta yang hadir direncanakan sebanyak 200 orang guru dari tingkat SMP, SMA dan SMK. Panitia penyelenggara Budi Supriyanto, Kasubbid Pengembangan SDM Kepiriwisataan. Narasumber untuk pemaparan pengenalan pariwisata Nasional oleh Dr.Wisnu Bawa Tarunajaya, SE.MM, Asisten deputi pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga.

Pjs Sekda Kab. Sumedang, H Sanusi Mawi dalam sambutannya, memaparkan potensi wisata di Kabupaten Sumedang. "Sumedang adalah puseur budaya sunda, kita harus membiasakan diri untuk lebih beretika dan sopan santun dalam berbicara. Dengan dasar etika berbicara kita bisa menawarkan wisata yang ada di Wilayah kita khusus di Kabupaten Sumedang kepada masyarakat luar sumedang juga kepada mancanegara. Salah satu potensi wisata sumedang adalah Jatigede. Selain jati gede, ada curug cinulang dan ujung jaya serta buah dua yang sudah kita rencanakan menjadi kawasan ekonomi khusus. Saya sangat berterimasih kepada kepada kementerian pariwisata yang sudah mau berkoordinasi dengan pemerintah sumedang dengan melaksanakan pelatihan ini," katanya. 

Karena menurut Sanusi Mawi, salah satu visi Kabupaten Sumedang, adalah pengembangan Agro bisnis dan pariwisata. Sampai saat ini anggaran untuk pertanian dan pariwisata tetap dipertahankan agar mengubah sumedang menjadi wisata yang sukses. Karena sumedang salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Majalengka, dimana majalengka sudah dibangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

"Diharapkan kepada bapak ibu guru agar memberi materi kepariwisataan disekolah. Mudah-mudahan 5 tahun kedepan Sumedang akan menjadi ikon pariwisata," tutupnya. 

Usai sambutannya, Pjs Setda H Sanusi Mawi, resmi membuka pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi guru.

Sama halnya dikatakan Wisnu, saat sambutannya, agar Pelatihan industri dan pendidikan dapat diselipkan dalam mata pelajaran disekolah tentang pemahaman pariwisata agar Kedepannya pariwisata dapat menjanjikan. Indonesia dapat bersaing dengan negara luar hanya dengan menawarkan wisata.

"Indonesia kaya dengan budaya dan alam dan harus didukung dngan sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Reporter : joel

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: