Wednesday, March 14, 2018

Inilah Selisih Data KTP Hasil Verifikasi Faktual KPUD dengan Dispencapil Mimika

MITRAPOL.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika memiliki data yang berbeda terkait Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika. Hal ini diketahui langsung dari Kepala Dispencapil Mimika, Jhon Wicklif Tegai di ruang kerjanya saat menerima MITRAPOL.com, Rabu (14/03/2018), pukul 14:00 Wit.

Kadispencapil,  John Wicklif Tegai

Jhon mengakui bahwa KPUD Mimika selama melakukan Verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) terhadap Enam (6) Pasangan Calon Perseorangan yang ikut dalam Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mimika tidak dikordinasikan sehingga terjadi selisih data yang cukup besar.

"Pada saat Verifikasi E-KTP terhadap Pasangan Calon Perseorangan di Pilkada Mimika, Jumlah KTP Elektronik (E-KTP) yang sudah kami (Dispencapil) keluarkan sebanyak 110.192 E-KTP dan Surat Keterangan yang dikeluarkan sebanyak 13.564 sehingga total keseluruhan yang kami keluarkan sebanyak 123.756,” kata dia.

Sementara jumlah data KTP yang sudah tercatat pada KPUD Mimika sebagai Penyelenggara Pemilukada dari Pasangan Perseorangan pada saat Verifikiasi Faktual sudah mencapai 150.791 KTP.

Dari data yang ada, lanjutnya, sudah tentu terjadi selisih yang besar, yakni 27.034 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tentu ini bisa berdampak ke Pidana, bahkan data ini belum ditambahkan dengan Perbaikan Penambahan KTP dari Pasangan Perseorangan yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kami tidak dikordinasikan KPUD Mimika selama ini, padahal kami (Disdukcapil) miliki data yang akurat,” tegas Jhon.

Jhon juga menghimbau kepada KPUD Mimika agar segera menjalin koordinasi dengan Dispencapil Mimika.

"Himbauan kepada KPUD mari kita kordinasi, petunjuk dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil bahwa dalam Proses Pilkada ini Dispencapil akan terlibat dalam dua kegiatan besar, yang pertama adalah Verifikasi kebenaran data Pendukung Paslon independen dan yang kedua adalah Verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk saat ini Kegiatan Verifikasi data kebenaran sudah dilewati namun kami tidak dilibatkan dan saat ini kami tidak mau terlibat dalam carut marut pelaksaan proses yang sudah berjalan, tapi untuk DPT kalau bisa kami dikordinasikan sehingga betul-betul kami dapatkan jumlah pemilih tetap yang kita tetapkan bersama,” tambahnya.

Untuk saat ini kami sementara menyiapkan data-data yang yang dibutuhkan didalam Verifikasi DPT, yaitu Pemilih Pemula, yang saat ini kami sedang lakukan di Sekolah-sekolah SMA/SMK, kemudian SK PWNI sementara. Sedang kami rekap data pindah masuk, Surat kepada lembaga untuk kematian/orang yang sudah meninggal agar dihapus dari data yang sudah ada.

Diketahui Kabupaten Mimika juga termasuk dalam Peserta Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dengan Jumlah Pasangan Bakal Calon berjumlah Tujuh (7) Pasangan, Enam Pasangan melalui jalur Perseorangan alias Independen dan Satu Pasangan menggunakan Jalur Partai.

Hingga berita ini ditayangkan Empat Pasangan Perseorangan dinyatakan Memenuhi Syarat dan Lolos sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika, sementara Ketiga Pasangan lainnya telah melalui sidang gugatan Panwaslu Mimika dan dikabulkan Panwas dengan catatan perbaikan ulang berbagai Persyaratan yang diberikan Panwaslu Mimika.

Keempat Pasangan Perseorangan yang dinyatakan lolos pada saat Pleno terbuka penetapan yakni, Petrus Yanwarin-Alpius Edoway dengan Akronim (Petraled), Hans Magal-Abdul Muis dengan Akronim (HAM), Robert Waoropea-Albert Bolang dengan Akronim (RnB) dan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra dengan Akronim (MUSA).

Dan tiga Pasangan yang diberi kesempatan kembali bersyarat oleh Panwas Mimika yakni Eltinus Omaleng dan Johanes Rettob dengan akronim OMTOB melalui jalur Partai, Philipus Wakerkwa dan H. Basri dengan akronim PHILBAS (Perseorangan), dan Pasangan Maria Florida Kotoro dengan Yustus Way dengan Akronim MariYus (Perseorangan).

Reporter : qodri

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: