Thursday, March 1, 2018

Dinpas Maluku Sosialisasi Sadar Wisata di Mamala

MITRAPOL.com - Dinas Parawisata Provinisi Maluku Mensosialisasikan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Negeri Mamala Provinsi Maluku.


"Pengembangan Desa Wisata Mamala merupakan bagian dari pengembangan ekowisata," kata Katerina C Hawae Se. M.Sc. Staf Dinas Parawisata Provinsi Maluku, Kamis (01/03/2018).

Kata Katerina. Ekowisata dapat dikatakan sebagai suatu konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dengan tujuan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan alam maupun budaya dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan.

"Sehingga memberi manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat dari segi pengelolaannya," ujarnya.

Dijelaskan, Ekowisata dapat dikatakan suatu penyelenggaraan kegiatan wisata yang bertanggungjawab di tempat alami atau daerah yang dibuat berdasarkan kaidah alam.

"Secara ekonomi berkelanjutan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," imbuhnya.

Menurtnya, salah satu identitas desa Mamala adalah desa yang identik dengan budaya, oleh karena itu pengembangan kawasan wisata desa Morealla mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat setempat.

Desa Mamala secara geografis dan sosiologis sangat mendukung dalam pengembangan sebagai desa pariwisata.

Olehnya Itu. Karena potensinya tersebut maka desa Mamala secara khusus dikembangkan sebagai desa wisata dan kawasan pengembangan budaya setempat.

Pengembangan kawasan desa wisata Mama, di kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah,Provinsi Maluku, adalah merupakan model konsep yang baik dalam program pemberdayaan masyarakat (komunitas) berbasis kearifan nilai lokal.

Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan daya tarik Daerah Tujuan Wisata (DTW) dalam mendukung program pengembangan desa Mamala sebagai desa Pariwisata.

Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

Selain itu. Pengelolaan lingkungan wisata pada kawasan daerah ekowisata di kecamatan Leihitu kabupaten Maluku Tengah,Provinsi Maluku, adalah merupakan suatu model konsep pengelolaan lingkungan yang baik yang dikelola oleh masyarakat berbasis kearifan nilai sosial lokal.

"Segala yang di kerjakan ini bertujuan agar dapat memberikan dampak positif timbal-balik bagi masyarakat dan lingkungan setempat," harapanya.

Reporter : muh fagih difinibun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: