Saturday, March 17, 2018

Belum Lengkapi Surat Perizinan, Dinas ESDM Sultra Hentikan Aktivitas PT SJM

MITRAPOL.com – Karena belum mengantongi dokumen perizinan kepada Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Aktivitas Pertambangan PT. Sultra Jembatan Mas Kabupaten Konawe Utara Sultra diberhentikan sementara. Hal itu dijelaskan Muh. Hasbullah Idris, Kepala Bidang Minerba, Dinas ESDM Prov. Sulawesi Tenggara, Saat ditemui diruang kerjanya, Senin, (12/03/2018).

Muh. Hasbullah Idris, Kepala Bidang Minerba, Dinas ESDM Prov. Sulawesi Tenggara.

“Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan biji nikel yang terletak di Kabupaten Konawe Utara dimana perusahaan PT. Sultra Jembatan Mas, sudah mengantongi IUP dengan masa berakhirnya tahun 2031. Akan tetapi pihak ESDM Provinsi Sultra, melayangkan surat dalam pemberhentian aktivitas yang telah dikirim ke pihak perusahaan SJM,” terang Hasbullah.

Dijelaskannya, Pemberhentian aktivitas tersebut disebabkan karena belum dilengkapinya dokumen seperti belum ada kelengkapan KTT, reklamasi, RKAB dan kelengkapan atau kewajiban lainnya kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Dikatakan lebih lanjut, adanya surat pemberhentian sementara kepada perusahaan tersebut, maka pihak kami akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap perusahaan PT. SJM tersebut dan diharapkan kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam hal pengawasan terkait adanya aktivitas pertambangan perusahaan. Sebab pihaknya ESDM Sultra, tidak dapat mengawasi dalam waktu 1x24 jam.

“olehnya itu, apabila perusahaan PT. SJM, melakukan aktivitas pertambangan segera di laporkan ke pihak hukum yaitu Polda Sultra atau Dinas yang terkait dengan bidangnya agar pemerintah terkait dapat melakukan penindakan pada perusahaan pertambangan yang membandel,” tandas Hasbullah.

Reporter : usman

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: