Saturday, February 3, 2018

Terkait Pemilukada Serentak, Netralitas TNI Bagi Prajurit Kodim 1702 Jayawijaya

MITRAPOL.com - Di tahun 2018 ini terdapat Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak, didua Kabupaten di Wilayah Pegunungan Tengah, yaitu Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mamberamo Tengah. kedua Kabupaten tersebut berada di Wilayah Hukum Jajaran Kodim 1702 Jayawijaya.



Menindak lanjuti kegiatan Pemilukada serentak tersebut, Kodim 1702 Jayawijaya, telah menyiapkan Anggota Prajuritnya, guna untuk membantu pengamanan kegiatan akbar, agar setiap Anggota Prajurit mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawabnya, hanya sebatas pengamanan pada pelaksanaan Pemilukada serentak, maka pada hari Selasa, Tanggal (30/01/2018) telah dilaksanakan Evaluasi Program Kerja Tahun Anggaran 2017 dan Sosialisasi Netralitas TNI pada Pilkada Serentak di Wilayah Korem 172/PWY.

Sosialisasi yang disampaikan oleh Kasiter Korem 172/PWY Letkol Inf. J. D. P. Manalu dan Pasi Bhakti TNI. Korem 172/PWY FN. Harefa tersebut dilaksanakan di Aula Ukhumiarek Asso Makodim 1702/JWY diikuti lebih kurang 90 Anggota Prajurit termasuk Kasdim 1702/JWY Mayor Inf. Charluli R. Jatmiko dan Para Sepasi serta Para Danramil terdekat di Jajaran Kodim Wamena. Netralitas TNI adalah bersikap Netral dalam kehidupan Politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan Politik Praktis sesuai amanah Reformasi Internal TNI dalam UU No. 34 Tahun 2004.

Sasaran yang ingin dicapai dengan adanya Netralitas TNI tersebut antara lain, Terwujudnya pelaksanaan Pemilukada serentak secara Demokratis aman dan terkendali, Terwujudnya sikap Netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilukada serentak di seluruh Indonesia, Terciptanya rasa aman bagi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya pada Pemilukada, Terhindarnya TNI dari kegiatan Politik Praktis yang berpeluang menurunkan Citra TNI di mata masyarakat serta Terwujudnya Solidaritas TNI dalam menjaga Keutuhan Wilayah NKRI. Ungkap Kasiter Korem 172.


Selanjutnya Kasiter Korem 172/PWY juga menyampaikan bahwa TNI mutlak harus Netral dalam Pilkada, tidak ada yang ikut-ikutan Kampanye, menyebarkan selebaran Pemilukada, "jika ada salah satu Anggota TNI yang ikut dalam Kampanye Politik dalam Pemilukada yang akan datang maka akan ditindak tegas," ucapnya.

Reporter : ronald karambut

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: