Wednesday, February 14, 2018

Razia Gabungan di Pintu Air Cengkareng, Ciduk 55 Pelanggar Lalu Lintas

MITRAPOL.com – Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat di pimpin Timin Komandan Regu Tindak Sudinhub Jakbar bersama Satlantas Polres Jakarta Barat di pimpin Aiptu Waluyo serta TNI sejumlah 27 personel gabungan melakukan Operasi Lintas Jaya (OLJ) di Jalan Kamal Raya, Pintu Air Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat guna melakukan pemeriksaan Kelaikan Jalan Angkutan Barang dan Angkutan Umum serta kendaraan roda dua maupun roda empat, dalam rangka kegiatan yang akan menjadi agenda rutinitas Dinas Perhubungan Jakarta Barat tahun 2018.



Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan kelaikan jalan kendaraan, kelengkapan surat-surat kendaraan guna keselamatan penumpang dan si pengemudi untuk mencegah angka kecelakaan di jalan raya, Selasa (13/02/2018).

Komandan Regu Tindak, Sudinhub Jakarta Barat Timin, memberi keterangan seputar agenda dan kesiapan pihaknya dalam kegiatan Operasi Lintas Jaya tahun 2018. Bahwa seperti biasanya, kegiatan rutinitas ini, kami lakukan untuk pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan yang tidak laik jalan dan kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut.

“Pelaksanaan pemeriksaan ini, Dishub Jakbar selalu berkoordinasi dengan pihak Polantas dan TNI sebagai pengamanan dan pengawasan," jelas Timin.

Masih katanya, pemeriksaan kendaraan ini, akan fokus dan sesuai dengan standarisasi atau Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku. Yaitu pemeriksaan fisik berupa kembangan ban, lampu, sistem pengereman dan sebagainya.

“Hasil OLJ. Pihak kami sekitar 10 Angkutan barang maupun angkutan umum di Stop Operasikan dan 5 di BAP,” tegasnya.

Disisi lain, Aiptu Waluyo anggota Satlantas Polres Jakarta Barat menuturkan bahwa jajarannya bersama Dishub dan TNI akan fokus melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Dalam gelar Operasi Lintas Jaya banyak pengendara memutar balik kendaraannya untuk menghindar dalam gelar OLJ ini. Khususnya kendaraan roda dua dan sebanyak 38 BAP tilangan terhadap pelanggar kendaraan roda dua dan 2 BAP tilangan untuk kendaraan roda empat, pelanggaran yang dilakukan pengendara rata- rata mereka tidak memakai helm dan tidak memiliki SIM,” tuturnya.

Kasiops Kepala Seksi Operasional Sudinhub Jakarta Barat, Hengki Sitorus menambahkan kegiatan Operasi Lintas Jaya (OLJ) ini rutin dilakukan sebagai langkah antisipatif dan memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, baik buat si pengemudi itu sendiri maupun pengendara lainnya.



“Jika semua tertib dan disiplin akan menjadi lebih enak, tapi tidak lupa semua tergantung dari kesadaran masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Reporter : muklis pmt

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: