Friday, February 9, 2018

Indra Gunawan : ABK Punya Hak yang Sama dengan Anak Pada Umumnya

MITRAPOL.com - Hak setiap anak patut diperhatikan oleh Negara termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan anak Disabilitas. Hal itu disampaikan Asdep Bidang Perlindungan Anak Berkebutuhan Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Indra Gunawan SKM, MA di Kantor Kemen PPPA, di bilangan Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Indra Gunawan saat acara Hari Disabilitas bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Menurut Pria yang juga menjabat Plt. Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Anak ini bahwa Pemerintah akan terus berupaya dalam mendorong dan komitmen dalam penanganan ABK dengan bermitra dengan berbagai pihak.

"Kita akan terus mendorong berbagai pihak baik pemerintah Pusat, Daerah, Masyarakat, serta keluarga ABK untuk terus bersama-sama memberikan kesempatan yang sama agar ABK bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak yang lain pada umumnya, serta menghilangkan berbagai hambatan-hambatan baik di keluarga, masyarakat dan lingkungannya. Karena menjadi disabilitas bukan merupakan hambatan," ujar Indra.

Pejabat yang telah menyelesaikan Pasca Sarjana Fakultas Population and Repoductive, di Mahidol University, Thailand ini menambahkan bahwa perlindungan ABK dilakukan melalui pemenuhan hak-hak anak. ABK bisa tumbuh dan berkembang secara optimal apabila diberikan kesempatan yang sama seperti anak lainnya dengan dukungan keluarga, masyarakat serta lingkungannya.


Pria kelahiran Purwokerto, 25 April 1972 ini sudah 20 Tahun bergelut dengan ABK dan kenyang pengalaman di ASN dimana dirinya pernah di posisi Biro Perencanaan, Pengarusutamaan Gender Bidang Kesehatan dan Biro Umum berharap semakin banyak Aktivis, LSM dan lapisan masyarakat yang perduli dan turut memperjuangkan Hak ABK agar mereka semakin dapat berkembang dan hidup dalam keadaan bahagia dan damai.

Reporter : znd

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: