Thursday, February 15, 2018

Gubernur Ahmad Heryawan Lantik Pjs Bupati Sumedang 

MITRAPOL.com - Selama ditinggal oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan yang melaksanakan cuti di luar tanggungan negara untuk melaksanakan kampanye dalam kontestasi Pilkada Sumedang tahun 2018, jabatan Bupati Sumedang akan diisi oleh seorang Penjabat Sementara (PJs), melalui penunjukan oleh Menteri Dalam Negeri. 



Untuk PJs Bupati Sumedang sendiri saat ini telah ditentukan yaitu akan dijabat oleh Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto, setelah sebelumnya dilakukan pengukuhan PJs oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan atau Aher yang dilaksanakan di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu, (14/2/18), melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo bernomor 131.32-240 th 2018, tentang Penunjukan Penjabat Sementara Bupati Sumedang Prov. Jawa Barat. 

Sebelum ditunjuk menjadi PJs Bupati Sumedang, Sumarwan tercatat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Jabar. Dalam pengisian posisi PJs, Sumarwan tidak sendiri, karena pada saat bersamaan, waktu itu enam orang rekan sejawat dari lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar turut dikukuhkan Aher menjadi Pjs Bupati dan Walikota se-Jabar yang juga akan mengikuti kontestasi Pilkada serentak di kab/kota di daerahnya masing-masing.

Sebagaimana diungkapkan Aher sesaat setelah melakukan pengukuhan terhadap tujuh PJs Bupati/Walikota dihadapan Wakil Gubernur, H. Deddy Mizwar, perwakilan unsur DPRD Prov. Jabar, Pangdam III Siliwangi, Kapolda, Kajati, para Bupati Walikota, ketua KPU, Bawaslu serta tamu undangan lainnya, ada terdapat tujuh kabupaten/kota di Jabar yang memerlukan adanya penunjukan PJs terkait Kepala atau pun Wakil Kepala Daerah dari tujuh daerah bersangkutan akan mengikuti tahapan dalam perhelatan Pilkada serentak tahun 2018.

Sementara itu, Bupati Petahana Eka Setiawan saat ditemui seusai pengukuhan PJs mengatakan, bahwa dirinya terhitung mulai tanggal 15 Februari besok sampai dengan 23 Juni 2018, akan mulai mengikuti seluruh tahapan proses dalam Pilkada Sumedang yang juga diikutinya. 

"Betul tadi apa kata Pak Gubernur bahwa masyarakat tak perlu khawatir karena dengan adanya PJs Bupati maka tidak akan terjadi kekosongan jabatan, dan itu berarti proses pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat pun akan terus bisa berjalan sebagaimana mestinya," papar Eka. 

Pascapengukuhan PJs yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Mendagri tentang penunjukan PJs Bupati/Walikota serta penyematan lencana PJs Bupati waktu itu, acara ditutup dengan bermushafahah yang diikuti oleh Gubernur dan seluruh tamu undangan termasuk para Bupati Petahana beserta jajaran.

Reporter : joel 

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: