Saturday, February 3, 2018

Dermaga Feri Benjina Dobo Kepulauan Aru Rusak Parah

MITRAPOL.com - Masyarakat Keluhkan Agar Pemerintah Kepulauan Aru, Segera merenovasi Dermaga Feri Benjina yang menghubungkan Pesisir dikabupaten Kepulauan Aru. Kamis, (01/02/2018).



Warga Dobo, inisial ES, mengatakan, "Bahwa dermaga feri di kabupaten kepulauan Aru, "sudah tidak dapat di gunakan sesuai fungsinya, sebab kondisi Dermaga tersebut sudah rusak Parah," kata ES.

"Dermaga feri yang di bangun untuk menjadi tambatan kapal feri, yang melayani rute benjina ke kampung kampung pesisir di kabupaten kepulauan Aru, benar- benar tidak dapat di pergunakan sesuai fungsinya. hal ini di karenakan kondisi jembatan yg sudah rusak, sama sekali tidak ada perhatian atau perawatan dari Pemerintah, maupun dinas terkait," jelas ES.

Adapun hal lain yang mengakibatkan kapal feri tidak dapat bersandar di pelabuhan tersebut, di akibatkan dangkalnya ujung dermaga. Pada hal jembatan penyeberangan feri tersebut, di bangun Pada Tahun 2004 smpai dengan 2009, dan di ketahui menelan Anggaran sebesar dana Rp 7 Milyar Rupiah, yang di ambil dari dana APBN pusat.

"Seharusnya kondisi dermaga yang dangkal, ada upaya untuk pengerukan, tapi hal itu tidak pernah di perhatikan oleh dinas terkait, Mengingat endapan lumpur yang sangat tebal, Dan Hal ini Seharusnya di lakukan pengerukan secara berkala," harapnya.

"Standarisasi kelengkapan dermagapun tidak layak, sebagian bangunan kini hanya menjadi bangunan kosong dan tidak dapat di gunakan sesuai fungsinya."paparnya.

Ditambahkanya,"hal ini mengakibatkan penumpang yang berangkat dengan tujuan benjina dan sekitarnya, hanya menggunakan dermaga rakyat, dan kapal yang di gunakan masyarakat adalah kapal cepat yang kecil," tutur ES.

Dalam hal ini, masyarakat kabupaten Laut Aru merasa cemas, karna kabupaten kepulauan aru terletak pada daerah laut terbuka, sehingga kalau musim angin kencang, kapal penyebrangan kecil tidak dapat di gunakan, karena tingginya ombak yang kadang mencapai 3 meter, menurut Masyarakat setempat. "Hingga sampai saat ini tidak ada upaya Pemerintah untuk mencari solusi atas masalah ini," kesal ES.


ES menambahkan bahwa, Masyarakat Kepulauan Aru Sangat Berharap, Agar Pemerintah Segera Merenovasi dermaga tersebut, Agar bisa di fungsikan Sebagai mana mestinya, sesuai kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang ada di kepulauan Aru. "Masyarakat Berharap, agar Pemerintah Pusat bisa turun langsung ke Wilayah Kepulauan Aru, Untuk bisa mengevaluasi kinerja Pemerintah daerah kepualauan Aru," tandas ES.

Reporter : ronald karambut

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: