Thursday, February 15, 2018

Bandara Douglas Macarthur Werur dan PLTMH Warabiyai di Resmikan

MITRAPOL.com - Peresmian Bandara Douglas Mac Arthur dan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH), Oleh Mentri ESDM 'Ignasius Jonan, Ditandai dengan Penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan Pita, Selasa, (13/02/2018).



Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang bagi masyarakat Kabupaten Tambrauw, dalam peresmian kedua Fasilitas Penunjang ini, dihadiri oleh Menteri ESDM beserta Rombongan, Anggota DPR-RI Komisi I “Michael Watimena”, Anggota DPR-RI Komisi VII “Demianus Idji”, Gubernur Provinsi Papua Barat “Dominggus Mandacan” beserta Rombongan, Bupati Tambrauw “Gabriel Asem”, Sekda “Engel Kocu beserta OPD Kabupaten Tambrauw, Danrem 17-PVT beserta jajarannya, Danlantamal Sorong, Kapolres Sorong beserta jajarannya serta Masyarakat Tambrauw.

"Sebelum diresmikan kedua Fasilitas Penunjang Masyarakat, Bupati Tambrauw “Gabriel Asem” menegaskan bahwa Kabupaten Tambrauw yang dimekarkan berdasarkan UU No. 56 Tahun 2008 dan di Revisi melalui UU No. 14 Tahun 2013 yang terdiri dari 29 Distrik dan 216 Kampung. Pada saat pemekaran Kabupaten Tambrauw, sungguh sangat terisolir karena tidak ada Infrastruktur yang tersedia, terutama Infrastruktur Jalan, dan untuk menjangkau Distrik dan Kampung hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki serta menggunakan Helikopter. Namun tantangan alam ini secara perlahan tetapi pasti, sehingga mulai dapat kami tangani dengan memprioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan menuju ke Ibukota Kabupaten dan Ibu Kota Distrik dan semuanya ini dibiayai oleh Dana APBD Kabupaten Tambrauw. "ucap Bupati Tambrauw.

"Pembangunan PLTMH Warabiayai dengan Kapasitas 2x800 Kilo Watt atau 1,6 Mega Watt, yang mulai dikerjakan pada Tahun Anggaran 2013, dan selesai pada Tahun Anggaran 2015. Sepenuhnya pekerjaan PLTMH menggunakan Anggaran APBD Kabupaten Tambrauw dan dilakukan uji coba pada Tahun 2016, sedangkan untuk pembangunan Bandara Douglas Mac Arthur, pembangunan dari sisi darat dibangun menggunakan Dana APBD Kabupaten Tambrauw, dan pembangunan dari sisi udara dibangun menggunakan Dana APBN, dan seterusnya sudah di ambil alih oleh Kementerian Perhubungan." tandas Bupati Tambrauw.

Gubernur Papua Barat “Dominggus Mandacan” menyampaikan, bahwa Pemerintah saat ini sedang fokus membangun Infrastruktur di Daerah-Daerah Terisolir, sebagai wujud upaya yang dilakukan Pemerintah adalah, "Pembangunan Bandar Udara menjadi salah satu Solusi untuk menurunkan Harga Perekonomian di Wilayah Kabupaten Tambrauw. "terangnya.

"Pembangunan Bandara Douglas Mac Arthur Werur, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Guna untuk mengatur Perekonomian sehingga Masyarakat Tambrauw dapat lebih maju, sejahtera, dan mandiri, serta sejajar dengan Kabupaten lainnya,  yang berada di Wilayah Provinsi Papua Barat." jelas Gubernur Papua Barat.

"Pemerintah Papua Barat memberi Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tambrauw, yang juga telah membangun PLTMH untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, sekaligus meningkatkan Rasio di Provinsi Papua Barat. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa Sektor Kelistrikan merupakan Lokomotif bagi semua Aspek Pembangunan, baik itu Pariwisata, Pendidikan, Industri, kesehatan, Perhubungan, Perdagangan dan lain sebagainya.

Pemerintah Provinsi Papua Barat memohon kepada Kementerian ESDM, untuk ikut memberikan perhatian terhadap Pembangunan di Sektor Kelistrikan di Wilayah Provinsi Papua Barat, terutama dalam mewujudkan Program 35.000 Watt yang menjadi Kebijakan Prioritas Presiden Joko Widodo. Sebab Sektor kelistrikan di Wilayah Provinsi Papua Barat masih merupakan sektor yang perlu mendapatkan perhatian serius, dimana seluruh Wilayah Papua Barat belum menikmati Sarana dan Prasarana Penunjang, seperti di Wilayah-Wilayah yang masih terisolir, tandas Gubernur Papua Barat.

Gubernur menambahkan bahwa, Kehadiran saya disini untuk melihat sejauh mana Pembangunan Infrastruktur Jalan yang berada di Kabupaten Tambrauw. Dengan demikian, dalam rangka mendukung Percepatan Pembangunan di Wilayah Provinsi Papua Barat, dan Melalui APBD Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2018, Pemerintah Provinsi Papua Barat menganggarkan Dana Infrastruktur Jalan sebesar Rp. 135.000.000.000, "untuk mendukung Proses Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Tambrauw, sehingga tidak terkesan Pemerintah Provinsi Papua Barat tidak duduk diam," pungkasnya.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, bahwa pihaknya diutus oleh Presiden Joko Widodo, Untuk segera meresmikan dua Objek Negara diantaranya adalah, Bandar Udara Douglas Mac Arthur, dan PLTMH di Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat. "Presiden telah memerintahkan bahwa, Anggaran APBN harus benar-benar dipakai untuk membangun Manusia Indonesia dengan Baik, oleh sebab itu, dengan hadirnya Bandar Udara ini, diharapkan dapat menjawab tantangan Transportasi Udara.


"Sedangkan untuk PLTMH pihaknya memberikan memberi Apresiasi kepada Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Asem, sebab APBD Kabupaten Tambrauw digunakan untuk hal-hal yang sangat bermanfaat bagi Masyarakat Tambrauw. Kementerian ESDM juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Tambrauw dengan semangat menyelesaikan Pembangunan Bandara Douglas Mac Arthur Werur, ucapnya. 

Reporter : ronald karambut

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: