Friday, January 26, 2018

Terkait Campak dan Gizi Buruk, Menkes Bertandang ke Asmat Papua

MITRAPOL.com – Menteri Kesehatan, Nila DF. Moeloek bersama rombongan turun langsung di Kabupaten Asmat mengunjungi pasien campak dan gizi buruk, seperti yang di ketahui, Menteri Kesehatan bersama rombongan bertolak dari Timika dan tiba di Agats Kabupaten Asmat pada Kamis pagi, (24/01/2018).



Nila DF. Moeloek didampingi Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Usmin Sumantri, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Oscar, Dirjen Farmalkes Eko Parlin dan Kepala Pusat 3 Litbang Linda Sitanggang serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Aloysius Giyai.

Sebelumnya Rombongan Menkes tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis pagi dengan penerbangan pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta.

Setelah beristirahat sejenak di ruang VIP Bandara Mozes Kilangin Timika, Menkes bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke bandara Ewer, Asmat menggunakan penerbangan pesawat Avia Star.

Selama berada di Agats, Nila DF. Moeloek mengunjungi Posko Kesehatan Terpadu dan RSUD Asmat yang menangani ratusan pasien campak dan gizi buruk.

Saksikan Videonya Disini

Kunjungan Menkes kali ini menindak lanjuti perintah Presiden Jokowi, agar dilakukan kajian awal agar mengetahui faktor-faktor penyebab yang menyebabkan timbulnya masalah campak dan gizi buruk tersebut.

Nila mengaku telah meminta para Kepala Dinas Kesehatan di Papua untuk melakukan pengobatan. "Kita kerja sama dengan TNI, Polisi, dan Kementerian Sosial, kita bekerja secara terpadu, dan kami membuat program 10 hari pertama, dan ini sudah 10 hari dilakukan beberapa kegiatan sampai tiga kali, dan hal akan terus berlanjut," ujarnya dihadapan awak media.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Provinsi Papua, Dr. Aloysius Giyai kepada MITRAPOL.com, mengatakan bahwa hingga saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua masih melakukan pendataan valid untuk mengetahui jumlah korban gizi buruk dan campak di Asmat.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan keseluruhan, supaya tidak simpang siur dalam pemberitaan nantinya,” tukasnya.

Usai kunjungan, Menteri bersama rombongan kembali ke Timika dan setibanya dibandara Mozes kilangin langsung meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika pada pukul 13:00 Wit, dan mengunjungi sebagian lokasi RSUD dituntun Direktur RSUD Mimika.

Pantauan MITRAPOL.com, Menteri bersama Rombongan bercengkrama bersama Pihak RSUD Mimika kurang lebih 30 menit dan beristirahat di Hotel Horison Timika.

Reporter : qodri


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: