Thursday, January 25, 2018

Sat Shabara Polres Gowa Gelar Latihan Pengamanan Pilkada

MITRAPOL.com - Jajaran Personil Sabhara Polres Gowa intensif melaksanakan Latihan Dalmas yang digelar di pelataran Museum Tamalate Ballalompoa pukul 08.00 Wita, dipimpin langsung Kasat. Sabhara Polres Gowa AKP Alhabsyi beserta anggota dan para KBO serta para Kanit/Kasubnit Dalmas. Rabu, (24/01/2018).



Kegiatan ini dalam rangka menghadapi dan melakukan pengamanan menjelang Pilgub/Wagub yang mana diawali dengan memberikan arahan secara umum tentang pedoman tata cara menanggulangi aksi massa.

Kasat Shabara Polres Gowa, AKP Alhabsyi dalam arahannya memulai dan menerapkan cara cara hal ini yang sesuai Perkap dikeluarkan yakni Perkap No. 16 tahun 2005 tentang tata cara pengendalian massa,dan Perkap No. 9 Tahun 2009 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat  di muka Umum serta Perkap No. 8 Tahun 2010 tentang Tata Cara Lintas Ganti dan Cara Bertindak Dalam Penanggulangan Huru-Hara. 

"Seluruh Pedoman ini merupakan dasar yang dilakukannya para aksi demo dan keramaian sesuai dengan tanda tanda yang mana saat situasi hijau (aman), kuning (pembakaran) dan merah (Anarkis). Diketahui oleh para personil dilapangan. Adapun Jumlah personil yang melaksanakan latihan tersebut sebanyak 50 personil dan yang bertindak sebagai pelatih lapangan Bripka. Rizal dari Poksek Manuju," katanya.

Sementara Bripka. Rizal menjelaskan bahwa tujuan latihan ini untuk menghindari kesalahan prosedur dalam menangani unjuk rasa, para personil akan diberikan materi bahan latihan dengan melakukan diskusi atas Perkap penanganan aksi penanggulangan massa.


"Hari ini dilakukan dan diajarkan kembali kepersonil khususnya Sat Shabara dimana mereka yang akan bersentuhan langsung dengan para pendemo atau pengunjuk rasa supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya Gowa ini hukum Wilayah Polres Gowa jadi Tertib, Lancar Damai dan Aman. Samapai selesainya pemilihan," tutupnya.

Reporter : mir

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: