Breaking

Wednesday, January 31, 2018

Ini Dia Figur Dibalik Keasrian Lingkungan Komplek Pluit Karang Asri

Ini Dia Figur Dibalik Keasrian Lingkungan Komplek Pluit Karang Asri

MITRAPOL.com – Dibalik hiruk pikuk dan penatnya Kota Jakarta, ternyata masih ada segelintir orang-orang yang masih peduli dan mencintai akan ke asrian lingkungannya.

Suhartono (kiri) pria paling berperan menjaga keasrian Komplek Pluit Karang Asri, Jakarta Utara.  

Seperti yang mitrapol.com temui di Komplek Pluit Karang Asri Blok 10 RT.013, RW.013, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dimana lingkunganya ditata sangat bersih, dan di tanami dengan tanaman yang hijau dan sejuk seperti layaknya hutan lindung. Tak hanya itu, saluran air selokannya pun nampak jernih, tidak ada satupun sampah dan jentik nyamuk, bahkan saluran air ini dibudidayakan dengan ternak ikan diantaranya ikan lele jumbo, ikan mas, dan ikan gurame.

Semua itu bisa dilakukan berkat jerih payah Suhartono seorang figur Ketua RW 013 Komplek Pluit Karang Asri yang merupakan putra asli daerah asal Wonosobo Jawa Tengah.

Saat ditemui di Komplek Pluit Karang Asri, Suhartono beserta staf RW nya menyambut hangat kedatangan mitrapol.com, dan mengajak berkeliling untuk melihat keasrian, dan keindahan lingkungan Komplek.

“Disini banyak ditanami tanaman yang terdiri dari berbagai macam jenis pohon buah-buahan, di antaranya pohon Sawo, Mangga, Nangka, Rambutan, Pisang, serta Kelapa yang bisa dinikmati buahnya,” imbuh Suhartono, Selasa (30/1/2018).

Saksikan Videonya Disini 

Dijelaskannya, bukan hanya tanaman buah saja, ternak ikan juga dibudidayakan dengan memanfaatkan saluran air Komplek Pluit Karang Asri dari ikan yang sangat kecil sampai yang sangat besar yang bisa mencapai bobot 7 sampai 8 kilo. “Ini semua dilakukan agar warga RW 013 merasa nyaman dengan kebersihan serta sehat tidak ada gigitan nyamuk dari jentik nyamuk yang kadang tumbuh berkembang di salauran air,” jelas pria yang sudah puluhan tahun dipercaya warga menjabat sebagai Ketua RW ini.

Suhartono juga menuturkan, dirinya mulai mangabdi sebagai pengayom warga sejak tahun 1998 sampai sekarang 2018, sekitar 20 tahunan.

“Bisa jadi Ketua RW. Karena selalu dekat dengan warga sekitar dan kita tidak boleh sombong. Harus selalu menjalin keakraban dengan warga, baik dari warga lingkungan RW 013 maupun dengan warga lingkungan RW tetangga,” ucap Suhartono.

Nampak terjalin keakraban dengan pria paruh baya ini dengan mitrapol.com, dimana Suhartono tidak sungkan dan segan membagikan kisah hidupnya dan menceritakan bahwa dirinya bisa menjadi pribadi yang disiplin berkat didikan dari keluarga Brimob. Dari kecil Suhartono kerap mendapat didikan dari kakaknya yang merupakan anggota Polri di Kesatuan Brimob.

“Saya asli putra daerah dari anak petani desa, bahkan saya disebut anak kolong. Anak yang benar-benar dari golongan orang kecil, makanya disini dibuat Pos RW seperti layaknya di kampung halaman saya di desa Wonosobo Jawa Tengah,” ujarnya.


Dirinya pun berharap agar kedepan, warga saling menjaga lingkungan mulai dari kebersihan, kenyaman, keamanan, dan kedamaian. “Kepada generasi penerus siapa saja yang memimpin lingkungan di wilayah RW 013 ini, harus benar-benar bisa menjaga tanaman dan ternak yang sudah ada ini jangan sampai diabaikan sehingga ke asrian lingkungan kita terus tetap terjaga,” tutup Suhartono.


Reporter : muklis

Disclaimer: