Wednesday, January 3, 2018

Bupati Langkat : Di Bursa Inovasi Desa, Desa Inovatif akan Bermunculan

MITRAPOL.com - Kegiatan Bursa Inovasi Desa yang berlangsung di Gedung Olah Raga Stabat, Rabu (27/12). Sebagai pihak penyelenggara adalah Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang di ikuti oleh 240 Kepala Desa.



Ragam karya berbentuk barang dan dokumentasi dipamerkan oleh desa-desa yang ikut serta, dan didalam dokumentasi tersebut terlihat ide-ide dan replika pembangunan infrastruktur menjadi mayoritas yang dipamerkan.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya merasa senang dengan berlangsungnya kegiatan Bursa Inovasi Desa ini.

“Saya optimis, dengan adanya kegiatan ini, desa inovatif akan bermunculan di Kabupaten Langkat,” sebutnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk membentuk sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dilingkup Kabupaten Langkat.

"Diharapkan, kegiatan ini akan menggerakkan serta mengembangkan roda perekonomian desa terkait peningkatan produktivitas dalam hal kualitas sumberdaya masyarakat dan peningkatan infrastruktur perdesaan dengan berasal dari pengelolaan dana desa yang efektif dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PMD Langkat, Jaya Sitepu menjelaskan, ada 720 peserta yang ikut dalam kegiatan ini terdiri dari 240 Kades, 240 Ketua BPD, dan 240 Tokoh Masyarakat.
"Ada tiga bidang yang dipamerkan dalam kegiatan ini, diantaranya bidang infrastruktur perdesaan, pengembangan lokal kewirausahaan, dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

Kegiatan ini dapat menginformasikan hal-hal pokok terkait program inovasi desa, sambungnya, rencana kegiatan program inovasi desa, memperkenalkan inisiatif yang berkembang didesa, dalam menyelesaikan masalah dan menjaring komitmen pemerintah desa.

Jaya berharap kegiatan ini dapat menjembatani kebutuhan pemerintah desa untuk menyelesaikan masalah dan inisiatif/alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Perlu diketahui Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menandai pembukaan kegiatan ini dengan pemukulan gong dan dalam kesempatan tersebut Bupati Langkat bersama dengan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Provinsi Sumut Dr. Aswan Sofian Batubara, MM membagikan sertifikat Bursa Inovasi Desa untuk Desa Sei Limbat, Desa Teluk dan Desa Payarengas.


Disela-sela acara tersebut Bupati Langkat didampingi sejumlah kepala SKPD dijajaran Pemkab Langkat dan Kepala Dinas Pariwisata Provsu juga unsur perwakilan Forkopimda Langkat meninjau Langsung pameran Bursa Inofasi Desa.

Reporter : tolhas pasaribu

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: