Saturday, January 6, 2018

Basarnas Pusat Berikan Bantuan Kapal ke Kota Tual

MITRAPOL.com - Basarnas Pusat Peduli memberikan bantuan satu unit kapal kepada Basarnas Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara demi menunjang kegiatan operasional tugas kemanusiaan pertolongan menyelamatkan korban laut di kedua daerah itu, sehingga kapal KN Bharata 242 sudah tiba di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Jumat, 5 Januari 2018.



Mengingat dan memperhatikan Maluku sebagai salah satu Provinsi Kepulauan di Negara Republik Indonesia dimana luas daratan lebih kecil dari luas laut dengan hamparan pulau besar maupun kecil yang dihuni masyarakat setempat dengan kondisi geografis serta iklim dan cuaca yang ekstrim yang selalu mengorbankan masyarakat yang bepergian dengan sarana transportasi laut maupun sebagai nelayan tradisional.

Olehnya itu Basarnas Pusat merasa peduli dengan memberikan bantuan Kapal KN Bharata 242 kepada Basarnas Kota Tual demi menunjang kegiatan operasional kemanusiaan di kedua daerah ini, karena memiliki intensitas kecelakaan laut yang cukup signifikan. Hal ini disampaikan Hendra Oktri Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Ambon kepada sejumlah awak media diatas geladak kapal KN SAR Bharata 242 saat uji coba kapal tersebut sejam lamanya.

“Basarnas Maluku mendapat bantuan jatah 2 unit kapal dengan type yang sama dan 1 unit diperuntukan bagi kegiatan Provinsi di Ambon dan 1 unit ini diberikan sebagai bantuan kepada Basarnas Tual,” kata Hendra.

Terkait dengan peresmian kapal ini, lanjutnya, akan ditetapkan kemudian dalam waktu secepatnya oleh Pimpinan Basarnas Pusat, dan perlu dipercepat agar dapat meningkatkan status Pos menjadi Kantor Basarnas Tual.
Saksikan Videonya Disini

“Maka dengan demikian dimintakan perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah sehingga Basarnas Kota Tual dapat menjadi Kantor dengan memiliki Struktur Organisasi yang akan merekrut personil serta peralatan yang lebih memadai,” imbuh Hendra.

Disaat yang bersamaan turut serta hadir Wakil Walikota Tual Abdul Hamid Rahayaan sekaligus meninjau Kapal KN SAR Bharata 242 dan menyatakan rasa syukur atas perhatian Basarnas Pusat serta Basarnas Provinsi Maluku terhadap pemberian bantuan Kapal ini kepada Pemerintah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara teristimewa masyarakat Kei yang berada di Bumi Larvul Ngabal ini.

“Sehubungan dengan upaya Basarnas Provinsi Maluku untuk meningkatkan status Pos Basarnas Tual menjadi Kantor Basarnas Tual maka selaku Pemerintah Daerah sangat menyambut positif langkah-langkah tersebut dan sudah barang tentu selain penambahan fasilitas pendukung juga akan membuka ruang dan kesempatan kerja bagi tenaga kerja yang handal dan profesional,” ujar Rahayaan.

Rahayaan juga menginginkan Basarnas Tual hendaknya memiliki pelabuhan sendiri agar tidak mengganggu aktifitas kesehariannya, karena kecelakaan laut adalah sesuatu yang tidak direncanakan sehingga Basarnas harus bergerak cepat dan reflex.

Dirinya juga berharap agar dengan adanya bantuan kapal ini kiranya Pos Basarnas Tual lebih meningkatkan kinerja secara professional tanpa keberpihakan. “Karena ini adalah tugas sosial kemanusiaan dalam memberi pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia,” tutupnya.

Reporter : nor safsafubun

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: