Wednesday, January 10, 2018

Antisipasi Lonjakan Harga Beras, Kementerian Perdagangan Lakukan Operasi Pasar

MITRAPOL.com - Program Kerja Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan melalui Kasi Pengawasan Sarana Eksekusi, Dedi Kuswandi melakukan Pelepasan Operasi Pasar di gudang Bulog Sorong. Selasa (09/01/2018).



Dedi Kuswandi menyampaikan bahwa dalam Pelepasan Operasi Pasar ini dilakukan di 52 Kabupaten/Kota di 198 Pasar yang berada di seluruh Indonesia, dalam rangka mengantisipasi kelonjakan Harga sehingga Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan sudah membuat tim Pengawas Operasi Pasar Beras. 

"Operasi Pasar tersebut dilakukan sampai dengan Tanggal 31 Maret 2018, sebab pada Bulan tersebut mulai Panen sehingga kemungkinan besar Harga Beras mulai Stabil lagi, maka dari itu, untuk melakukan Speace Harga, maka harus menjaga Stabilitas Harga Beras, sehingga Pemerintah Pusat melakukan Operasi Pasar di seluruh Indonesia."jelasnya.

Kuswandi menambahkan, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan No 57 Tahun 2017 tentang Harga Eceran tertinggi Beras Medium bahwa untuk Maluku dan Papua Rp 10.250 tetapi Realita dilapangan dari hasil Survey ke beberapa Pedagang di Pasar Central Sorong, malahan Beras Medium di bawah Harga Head, sedangkan harga tersebut lebih murah dari Harga Beras yang akan dijual kepada Masyarakat, ternyata Beras tersebut dibeli dari PNS dan TNI dan Polri, lalu Pedagang menjualnya dengan Harga yang lebih murah Rp 8500 hingga 9.000. 

"Maka Harga Beras di Sorong jauh lebih Normal kebanding Daerah lainnya, Maksud dan Tujuan Pemerintah melakukan Operasi Pasar diseluruh Indonesia adalah Untuk menjaga Stabilitas Harga dan supaya kebutuhan Masyarakat bisa berkecukupan, " paparnya.

Kepala Bulog Sub Divisi Regional Sorong Elitawati menambahkan, bahwa Bulog Sorong bekerja sama dengan Disperindag Kota Sorong dan Satgas Pangan untuk bersama-sama secara serentak se Indonesia mengamankan harga pangan jangan sampai terjadi kelonjakan Harga, Dari ketiga Instansi tersebut akan mengamankan Harga Pangan dikedua Pasar yang berada di Kota Sorong, yaitu Pasar Central dan Pasar Boswesen.


"Di Sorong belum ada kelonjakan Harga, cuma kita mengantisipasi saja, dan harga beras di Kota Sorong masih aman-aman atau dalam kondisi Normal, " tandasnya.

Reporter : ronald karambut 



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: