Monday, January 29, 2018

Anak-anak Butuh Pengawasan dan Perlindungan

Komnas Perlindungan Anak menghimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan pengawasan dan perlindungan kepada anak-anak di lingkungan sekitarnya.

Dhanang Sasongko

Dimulai dari orang tua di rumah yang harus memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anaknya, memberikan kasih sayang yang tulus, mau mendengarkan, menghargai keberadaan mereka, membangun komunikasi dua arah yang penuh empati dan kehangatan, menciptakan lingkungan yang membuat dia bahagia, menguatkan ahlaknya. Karena anak-anak yang bahagia dan berahlak pasti bisa menjaga dirinya dari pengaruh buruk lingkungan, mampu mandiri menjaga dirinya.

Kemudian di sekolah, guru juga harus memahami kebutuhan psikologis dan cara belajar anak, memahami setiap keunikan, tidak ada diskriminasi apalagi intimidasi, peran setiap guru hendaknya mampu menumbuh kembangkan kodrat yang dianugerahkan buat yang ada pada anak-anak, sekolah juga hendaknya memberikan porsi yang lebih pada pembelajaran moral dan agama.

Peran masyarakat tak kalah penting, Pak RT, RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lainnya harus bersama saling peduli, mencegah terjadinya potensi kekerasan terhadap anak, mengawasi tempat-tempat yang bisa menimbulkan malapetaka bagi anak, mengawasi peredaran minuman keras, narkoba sampai dengan pornografi.

Terakhir pemerintah, juga harus serius menangani kasus-kasus kekerasan yang terjadi, menegakkan keadilan, aparat kepolisian harus profesional menangani setiap kasus-kasus kekerasan anak, menindak tegas pelaku tanpa pandang bulu, mempunyai semangat untuk membuat efek jera pelaku kekerasan, jangan membiarkan pelaku kejahatan berkeliaran di masyarakat hanya karena tidak lengkap barang buktinya, karena ini akan menyakiti rasa keadilan masyarakat.

Kita tidak bisa sendiri-sendiri menangani ini semua, termasuk juga kita berharap pimpinan tertinggi negeri ini memberikan statemen yang tegas dalam gerakan perlindungan anak, agar bonus demografi yang kita miliki kelak diisi dengan generasi sehat, cerdas, unggul dan berkarakter.

oleh : Dhanang Sasongko
Sekjen #KomnasPerlindunganAnak

SHARE THIS
Facebook Comment

1 comment: