Tuesday, December 26, 2017

Tradisi Bakar Batu Menyambut Natal di Ndeotadi

MITRAPOL.com – Dari Ujung Timur Indonesia, warga Papua memiliki tradisi ‘Bakar Batu’ atau Barapen. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur, kebersamaan dan saling berbagi dalam rangka menyambut ibadah Natal di pesisir Kalidegeuwo Ndeotadi 99, Sabtu (23/12/2017).



Seperti yang dilakukan warga masyarakat yang ada di wilayah Ndeotadi dalam menyambut Natal, dengan melaksanakan tradisi bakar batu.

Dimana pelaksanaan kegiatan tersebut, peran Babinsa pun tak lepas dari tradisi adat masyarakat yang ada di wilayah Ndeotadi, Danpos Ramil Bogobaida Serka Sunarno dengan beberapa Babinsa ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan tradisi bakar batu, yang mewujudkan bahwa TNI tak lepas dari segala bentuk kegiatan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan seluruh elemen masyrakat yang ada di wilayah Ndeotadi tersebut, baik masyarakat asli Papua bahkan masyarakat Non Papua pun ikut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Acara bakar batu ini menggambarkan bahwa keharmonisan yang tercipta di wilayah Ndeotadi ini tak memandang perbedaan suku, agama dan ras.

Adapun beberapa tradisi kegiatan meliputi kegiatan tarian adat, pabah babi, sampai ke acara kegiatan bakar batu tersebut dimulai, Peran Babinsa sangatlah besar selain menjaga wilayah, membina seluruh elemen masyarakat serta membangun wilayah merupakan sesuatu tugas dan tanggung jawab yang besar, dan semua itu terwujud dan nampak pada pelaksanaan Tradisi Bakar Batu yang ada di wilayah Ndeotadi.


Dari awal kegiatan tersebut sampai selesai acara berjalan lancar dan aman terkendali.

Reporter : ronald karambut
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: