Thursday, December 21, 2017

Tim Polda Metro Jaya Latih Security Cara Sterilisasi

MITRAPOL.com – Polsek Kelapa Gading Polres Metro Jakarta Utara dan juga anggota Security Pamdal Pam Swakarsa melakukan giat pelatihan untuk pengamanan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018 di lokasi Gereja Mawar Sharon Jl. Kelapa Hibrida Timur Pegangsaan Dua Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (20/12/2017).



Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kapolsek Kapolsek Kelapa Gading Kompol Arif Fazlurrahman SH.SIK, Satgas Gegana Polda Metro Jaya, Iptu Agung Dwi, Kanit Intelkam Polsek Kelapa Gading, AKP Purwo Widodo SH, Kapospol Kelapa Gading Barat Ipda Drie Atmono, Kapospol Kelapa Gading Timur Iptu Losiyanto, Kapospol Pegangsaan Dua Iptu M. Aeni.

Hadir dalam kegitan ini sekitar 51 personil diantaranya, Polsek Kelapa Gading 25 Personil Pimpinan Wakapolsek Kelapa Gading AKP Sutrio, Sat IK Polres Jakut 3 Personil Pimpinan AKP Sunarto, Sat Gegana PMJ 2 Personil Pimpinan Iptu Agung Dwi, Security Summarecon 5 Personil, Security Kim Tae Gon 5 Personil, Pokdar Kantibmas 5 Personil, Mitra Jaya 3 Personil dan Security Gereja Katolik Indonesia (GKI) 3 Personil.

Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Arif Fazlurrahman, SH SIK, mengucapkan terimakasih kepada Satgas Gegana PMJ dan rekan-rekan PAM Swakarsa lain nya.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam pemberian materi, dan akan bermanfaat. Karena kegiatan ini di selenggarakan belum tentu setahun sekali. Bukan hanya rekan- rekan kepolisian saja yang harus di terapkan kepada security sebagai pengemban kepolisian terbatas,” paparnya.

Dijelaskannya, dan sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru, rekan-rekan akan di jelaskan nantinya dari mulai cara bertindak sampai peresodurnya.

Hal-hal yang sifat nya seperti ini harus rekan-rekan tularkan kepada teman-teman yang belum bisa hadir pada siang hari ini. Kalau ada yang mau di catat silahkan di catat untuk pelajaran rekan-rekan,” imbuhnya.

Saksikan Videonya Disini

Wakapolsek Kelapa Gading, AKP Sutrio menyampaikan arahan kepada peserta yang hadir, kita bisa berkumpul bersama disini dalam rangka akan menyongsong menjelang datangnya hari raya Natal dan Tahun Baru mari kita dengarkan arahan dari anggota Brimob Polda Metro Jaya.

“Tujuan nya adalah untuk mengamankan masyarakat, insya Allah akan ada manfaatnya untuk kedepannya dan akan mendapatkan materi agar semuanya menyimak pengarahannya,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan pemberian Materi oleh Iptu Agung Dwi Satgas Gegana Polda Metro Jaya, yang menjelaskan bahwa sebentar lagi kita akan mendapatkan amanah untuk pengamanan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Dari beberapa bahan peledak yang memiliki beberapa jenis diantaranya, High Explosive dan Low Explosive.

“Yang pertama yang harus rekan-rekan ketahui dahulu beberapa jenis bahan peledak, dari mulai TNT, dan lain-lain. Rekan-rekan tahu pada saat kejadian teroris yang terjadi di Sarinah itu jenis low explosive dan kalau di bali itu adalah high explosive,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, Rekan-rekan bisa lihat beberapa jenis yang saya berikan contoh ini memang seperti tali namun bukan, ini ada isi nya seperti serbuk putih, dan yang satu lagi bahan TNT.

“Bom itu hanya dengan power 0,7 Volt itu sudah dapat meledakan jenis TNT dengan menggunakan detonantor, batterai, dan handak itu akan menimbukan ledakan yang cukup besar. Khususnya Jakarta kalau ada ledakan ada dampak ledakan yang pertama adalah Over Press (Tekanan), Heat (Panas), Impact (Dorongan), dan yang terakhir Biologi (Kima dan Radiologi),” ungkapnya.

Untuk bahan peledak Biologi, lanjutnya, ada bahan kimia yang dapat mematikan ada namanya Gas Sarin apabila dihirup oleh beberapa orang akan menyebabkan kematian dan teror bom itu ada 3 macam yang pertama ancaman bom, selanjutnya temuan benda mencurigakan bom, dan ledakan bom.

“Apabila ada terjadi indikasi bom rekan-rekan security prosedurnya adalah mengamankan lokasi jangan sampai di mana-mana, dan untuk rekan- rekan kewilayahan apabila ada dipasang police line, biar kami tim gegana yang menindak lanjuti,” tuturnya.

Kembali dijelaskan Iptu Agung Dwi, Bom itu ada 3 kategori, yang pertama Jiwa dan Properti, yang kedua Properti, yang ketiga adalah Aman, dengan mengantisipasi adanya teroris rekan-rekan dari security juga harus memeriksa dengan teliti.


Pantauan MITRAPOL.com, setelah kegiatan acara pengarahan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan simulasi sterilisasi ruangan di pimpin langsung oleh Kapolsek Kelapa Gading Kompol Arif Fazlurrahman SH, SIK dan selesai pukul 15.00 WIB berjalan lancar aman dan kondusip.

Reporter : muklis
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: