Monday, December 4, 2017

Tanpa IMB, Bangunan 4 Lantai di Palem 1000 Ruko Belum di Bongkar

MITRAPOL.com - Komplek Taman Palem Lestari atau Ruko Palem 1000, Blok N No. 29, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Terdapat bangunan renovasi yang diduga tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), pada bangunan tersebut tidak terlihat papan IMB yang terpasang di proyek itu.

Bangunan tanpa IMB di  Komplek Taman Palem Lestari atau Ruko Palem 1000, Blok N No. 29.

Renovasi penambahan lantai, pada dasarnya harus mengurus perijinan IMB guna menyesuaikan fisik bangunan yang baru. Dimana peran pengawasan Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata), Kecamatan Cengkareng dalam mengawasi dan menindak bangunan bermasalah di Kecamatan Cengkareng Jakbar.

Pantauan MITRAPOL, dilokasi proyek bangunan tidak mungkin pihak Citata Kecamatan Cengkareng tidak mengetahui pembangunan tersebut. Dugaan ini diperkuat lagi, dengan tidak adanya segel pada bangunan tersebut.

Warga Cengkareng Barat, Victor (45), mengatakan kepada MITRAPOL, “Coba saja anda lihat, diantara deretan bangunan di Blok N cuma bangunan itu saja yang paling tinggi. Setidaknya bisa 4 1/2 Lantai pemilik membangun, sepertinya tidak ada tindakan. Baik dari Citata Cengkareng dan Sudin Walikota Jakbar, mungkin sudah berkoordinasi?," ujar Victor.



Lebih jauh dikatakan Victor, adanya pelanggaran bangunan khusus nya diwilayah Taman Palem 1000 ruko. Tidak ada satupun yang ditindak Citata Kecamatan dan Sudin Walikota Jakbar, bukan rahasia lagi. Adanya permainan dan campur tangan pihak ketiga yang melegalkan pembangunan itu, padahal sudah jelas melanggar Perda dan Pergub.

Perda DKI Jakarta No. 7 Tahun 2010 dan Peraturan Gubernur DKI No. 128 Tahun 2012, disebutkan bahwa setiap kegiatan membangun bangunan di wilayah DKI Jakarta wajib mengantongi Izin Mendirikan Bangunan sesuai zonasinya.

Sementara Kepala Seksi Citata Cengkareng Setiawan dan Kasudin Citata Walikota Jakbar Bayu Aji masih belum mau menjawab konfirmasi MITRAPOL terkait bangunan tersebut.

Inspektorat Pembantu Kota Admintrasi Jakbar (Inbanko), kiranya dapat memangil kedua pejabat Citata guna melaporkan sudah sejauh mana tindakan terhadap bangunan tanpa IMB yang berada di Taman Palem 1000 Ruko.

Reporter : SM
Editor : andrey




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: