Sunday, December 31, 2017

Pesta Seni Budaya Desa Sulkam ‘Persikap Kuta Kemulihanta’

MITRAPOL.com - Untuk melestarikan budaya yang ada,Desa Sulkam yang mayoritas penduduknya suku Karo maka warga desa Sulkam melaksanakan Pesta Seni Budaya Karo dengan mengambil Thema "Persikap Kuta Kemulihanta" yang artinya "Mari Kita Membenahi Desa Kita Tercinta".



Kades Sulkam Gembira Sembiring dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan Pesta Seni Budaya bukan pekerjaan yang singkat,pesta seni budaya ini kita lakukan untuk menunjukkan potensi desa yang kita tampilkan, mari kita melestarikan budaya kita suku Karo.

Camat Kuta Mbaru Imanta Perangin-angin,SE juga mengatakan, Kami dari pihak kecamatan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sulkam yang begitu antusias melaksanakan acara ini,dengan ada nya potensi desa yang ada di Sulkam ini saya meminta kepada pihak pemerintah desa agar potensi desa Sulkam dapat kita tampilkan pada saat Ulang Tahun Kabupaten Langkat pada tanggal 17 Januari 2018 yang akan datang.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kades Sulkam Bapak Gembira Sembiring yang telah begitu antusias membina masyarakat desa Sulkam untuk menjadikan Sulkam ini lebih maju lagi,dan mari kita sama-sama melestarikan budaya suku karo," ujar Camat Kuta Mbaru.

Tokoh masyarakat Desa Sulkam Krisno Bangun juga menambahkan mari kita sama-sama mendukung program Pemerintahan Desa Sulkam dan sama-sama kita melestarikan potensi desa yang ada.

Dalam acara tersebut juga diadakan ceramah mengenai budaya suku karo yang disampaikan oleh Tokoh Adat Karo Brahim Ginting, dalam ceramahnya Brahim Ginting menyebutkan bahwa kesenian adat karo sudah mulai padam oleh sebab itu mari kita para kaum muda mudi melestarikan budaya karo, "apalagi musik khas karo begitu juga alat musik sudah hampir punah akibat kemajuan jaman ini. Lanjutnya secara pribadi saya sangat bangga dengan acara ini,dimana masyarakat Sulkam mau ingin melestarikan budaya Karo,kalau bisa mari bila ada acara-acara mari kita gunakan musik khas tradisional suku karo," ujar Brahim Ginting.

Acara Pesta Seni Budaya Desa Sulkam diisi dengan penampilan Tari-tarian dari murid-murid SD Negeri 057736 Sulkam, Tor-tor Pusuk Buhit yang dibawakan Karang Taruna Sulkam. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Kuta Mbaru Imanta Perangin-angin,SE, Kades Kuta Mbaru Teguh, Kades Kaperas Wagimin, dan masyarakat Desa Sulkam yang terdiri dari 6 dusun, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat Karo sebagai narasumber, dan 896 jiwa masyarakat Desa Sulkam.

Reporter : tolhas pasaribu

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: