Saturday, December 23, 2017

Pelatihan Tata Boga TP PKK Desa Simpang Kuta Buluh

MITRAPOL.com – Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berpotensi, maka TP PKK Desa Simpang Kuta Buluh, Kecamatan Sei Bingei mengadakan pelatihan Tata Boga di gedung Sanggar Seni di Dusun Simpang Kuta Buluh, Jum'at (22/12). Dengan nara sumber Nur Supandi Wakil Sekretaris Umum TP PKK Kabupaten Langkat.

Camat Sei Bingei foto bersama dengan ibu-ibu PKK

Acara tersebut dihadiri oleh, Camat Sei Bingei Asmawati S. Sos, Kades Simpang Kuta Buluh Karmin Ginting, Kapolsek Sei Bingei AKP Yusril, Bhabinkabtimas Aiptu A. Mulyono, Tokoh Masyarakat, dan Kasi PMP Sei Bingei Sabarita.

Kades Simpang Kuta Buluh Karim Ginting dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar ibu-ibu PKK dapat memahami apa itu Tata Boga, dan mengerti bagaimana cara membuat bolu labu, dimana labu banyak ditanam di desa Simpang Kuta Buluh ini.

“Kegiatan ini dianggarkan dalam APBDesa, jadi jangan kita sia-siakan,” ujar Kades.

Camat Sei Bingei Asmawati, S. Sos mengatakan, dirinya meminta maaf atas keterlambatannya, karena ada kegiatan lain di desa, dan kepada TP PKK Desa Simpang Kuta Buluh mari kita sama-sama mendengarkan dari setiap materi yang disampaikan oleh narasumber dari TP PKK Kabupaten Langkat.

“Jangan kita sia-siakan pengorbanan desa yang telah menganggarkan kegiatan kita ini dengan tujuan agar TP PKK Desa Simpang Kuta Buluh memahami Tataboga,” katanya.

Selanjutnya Kapolsek Sei Bingei AKP Yusril menambahkan, Sebenarnya saya baru sekitar 4 bulan bertugas di Kacamatan Sei Bingei jadi sebelumnya saya mengucapkan selamat hari ibu, dan selamat mengikuti pelatihan ini.

Sementara nara sumber Nur Supandi dalam materi nya menyampaikan bagaimana cara membuat bolu karamel, bolu labu, nastar, dan bangkit kampung.

“Tujuannya agar ibu-ibu tidak perlu lagi membelinya karena itu adalah pemborosan. Dan jika ibu -ibu sudah dapat memahami ini juga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi rumah tangga kita. Untuk bahan bolu karamel adalah 200 gr tepung terigu, 300 gr gula pasir, 7 butir telur 3 sendok makan mentega, 1/2 kaleng susu kental manis, bikabornat dan baking powder secukupnya, air 2 gelas,” imbuh Nur.

Masih katanya, Selanjutnya cara membuatnya : karamel gula hingga merambat lalu masukkan air 2 gelas. Tambahkan 3 sendok mentega, lalu dinginkan, Telur dikocok lepas lalu masukkan tepung yang sudah dicampur bikarbonat dan baking powder kedalam adonan susu kental manis. Campurkan adonan tepung dan telur dengan gula yang sudah dikaramel, masukkan kedalam loyang sambil disaring, adonan siap di panggang.

“Cara membuat Bolu labu, bahan-bahannya terdiri dari : 200 gr tepung terigu, 200 gr mentega, 15 gr gula pasir, 6 butir telur, 250 gr labu kuning, TBM dan baking powder secukupnya. Selanjutnya cara membuatnya : kukus labu hingga lunak (dinginkan), pisahkan putih telur kocok hingga kaku, kocok mentega, tbm, gula dan kuning telur hingga mengembang lalu masukkan labu yang sudah dihaluskan sedikit demi sedikit sambil dikocok, masukkan tepung dan baking powder kedalam adonan mentega lalu campurkan putih telur, aduk sampai rata, masukkan keloyang dan siap dipanggang,” tandasnya.

Pantauan MITRAPOL.com, diakhir acara Panitia memberikan bingkisan baju kepada peserta pelatihan.

Reporter : tolhas pasaribu
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: