Saturday, December 16, 2017

Museum Fatahilah Gelar Tradisi Silat Betawi Se-Jabodetabek 24 Jam Nonstop

MITRAPOL.com – Panitia Festival Silat Betawi Eky Pitung mengadakan silaturahmi dengan Pokja Wartawan Kota Tua Jakarta, di Museum Fatahalilah, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (15/12/2017).



Festival Tradisi Silat Betawi akan menggelar perhelatan Akbar 24 Jam nonstop aktraksi silat Betawi untuk memecahkan rekor Muri, yang akan dilaksanakan tanggal 16-17 Desember 2017, bertempat depan Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta.

Eky Pitung dengan ciri khasnya memakai peci merah menjelaskan festival ini diadakan di museum Fatahillah, dengan bertujuan untuk mengenang sejarah berdirinya Gedung-gedung Museum yang berada di Kawasan Wisata Kota Tua dan para pejuang yang mempertahankan Kota Jakarta ini.

Dijelaskannya, Panggung Hiburan betawi dan Aneka Kebetawian Tumplek Blekk, untuk para penggiat Silat Betawi, kite ciptakan sejarah baru kite ukir prestasi dalam persahabatan dan persaudaraan pecahkan rekor Muri 24 Jam Non Stop Estafet dalam Atraksi Silat Tradisi Betawi.

“Kite jaga budaye kite dengan kesantunan, dan kite jage budaya kite dengan penghormatan kepada siapa saja,” ungkap Eki Pitung Ketua Umum Brigade Anak Jakarta (Braja) ini.

Masih dikatakan Eki, ini adalah tantangan buat anak Betawi, jika kite sehat dan mengaku Anak Betawi (AB), ucapkan Bismillah, Buang Rasa curiga, buang rasa dengki, jauhkan dari rasa sombong merasa paling kuat merasa paling jago, dan merasa paling tua, terutama kite bebas dari narkoba, tanpa narkoba silat Betawi tetap ada.

Saksikan Videonya Disini

“Junjung tinggi Persaudaraan, Junjung tinggi martabat tradisi kita, dan lestarikan budaya leluhur bukan saja secara fisik tapi nilai-nilai kearifan dan kesantunan itu jauh lebih penting yang diajarkan oleh Leluhur kite,” ujar Eki Pitung yang juga Ketua Antar Lembaga Bamus Betawi.

“Dalam giat Festival Silat Tradisi Betawi yang akan digelar Sabtu-Minggu nanti melibatkan Stackholder serta kalaborasi bersama TNI, Polisi, Satpol PP, dan internal kepanitiaan juga insya allah di back up oleh para pesilat betawi yang tergabung dari hampir 70 perguruan se-Jabodetabek,” tukasnya.

Adapun para peserta silat Betawi yang akan ikut serta dalam Festival Silat Tradisi Betawi diantaranya, Ikatan Silat Betawi Indoneisa (ISBI), Beksi H. Hasbullah, Beksi Seroja Nusantara, Laskar Batawi, Seni Silat Betawi, Perguruan Pencak Silat Macan Betawi-Bogor, Sanggar Macan Muda Betawi, Pengsimatoga Jalan Enam, dan Bandul Betawi.

Kemudian Padepokan Pitulung Sadulur Congkok (PPSC), Maen Pukul Betawi Lampah Gulung, Beksi Seni Bela Diri, Beksi Kong Ba’ih, Putra Rawa Denok, PS Beksi Muh Noer, Kotek Parung, Seliwa Pukul Kapuk, Beksi Mutiara Pancar, Beksi SMI, Pukul Kembang Pulo Jahe, Sanggar Seni Silat Jagorawi, Silat Betawi-Kapuk Jagal, Jawara Peci Merah, PS Putra Jaya, dan lain sebagainya.

Reporter : sugeng/muklis
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: